Indonesian English

1.023 Mahasiswa Uniku KKN Di Kab Kuningan Dan Majalengka

Kategori: 

Sebanyak 1.023 Mahasiswa Universias Kuningan (Uniku) mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa kecamatan wilayah Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Kuliah kerja nyata yang dijadwalkan mulai 19 Juli sampai dengan bulan 13 Agustus mendatang, di Kabupaten Kuningan berlokasi di empat kecamatan dan Kabupaten Majalengka enam kecamatan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Uniku, Oding Syafruddin M.Si, menyatakan dalam pelaksanaanya pengabdian mahasiswa Uniku diarahkan pada pemberdayaan masyarakat perdesaan.

“Ini sinergi Universitas Kuningan dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Oleh sebab itu, tema yang diusung dalam kegiatan tersebut yakni Pemberdayaan Masyarakat berbasis Potensi Desa, guna mewujudkan program pemerintah daerah dalam pengembangan wilayah perdesaan,” papar Oding Syafruddin, pada acara Pelepsan KKN Mahasiswa Uniku, di ruang Purbawisesa Aula Rapat Setda Kabupaten Kuningan, Kamis (19/7/2018).

Hadir pada acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Kuningan, Drs. H. Maman Hermasnyah M.Si, Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati, Rektor Universitas Kuningan, Para Camat, dan panitia KKN Uniku 2018.

Rektor Universitas Kuningan Dr. Dikdik Harjadi M.Si. mengatakan, kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini adalah salah satu program wajib dalam setiap tahun akademik bagi para mahasiswa sebelum masa mereka mengikuti kegiatan akademik dan dinyatakan lulus sebagai sarjana.

“Saya berharap kehadiran mahasiswa Uniku di lingkungan masyarakat bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan pemerintah daerah pada umumnya,” kata Didik Harjadi. Ada keinginan sesuai program daerah yaitu Kunci Bersama dalam rangka mempercepat proses pembangunan. Uniku berusaha untuk merespon itu, bukan hanya Kuningan tapi juga ikut dalam pembangunan daerah Kunci Bersama.

Kehadiran mahasiswa Uniku diharapkan bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap masyarakat. Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan, Drs. Uri Syam, SH. MH, Menyatakan masyarakat semakin mengikat kepercayaan kepada Uniku. Hal itu harus dibangun oleh peserta mahasiswa yang akan mengikuti KKN. Sementara itu, Bupati Kuningan H.Acep Purnama, SH., MH., dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintah dan Kesra, H. Maman Hermansyah, menyampaikan ucapan terima kasih khususnya kepada Rektor Universitas Kuningan yang telah memberikan kepercayaan dan menempatkan para mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

“Kegiatan KKN merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat, sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Bupati Acep Purnama. Bupati Acep berharap KKN Universitas Kuningan tidak tercemar dengan kegiatan-kegiatan lain diluar nuansa pengabdian, apalagi mengarah kepada kegiatan destruktif serta menyimpang dari norma-norma sosial dan melakukan koordinasi dengan Muspika kecamatan melaksanakan KKN.

“Kepada para camat di lokasi KKN Uniku diharapkan agar memonitor dan membantu tugas-tugas yang mereka laksanakan, agar kegiatan dapat terlaksana sesuai harapan. “ Kami atas nama pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan KKN ini dan peserta diharap tetap selalu menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, almamater Universitas Kuningan dan Kabupaten Kuningan,” harapnya. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)