200 PNS Terima SK Kenaikan Pangkat

Sebanyak 200 Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan menerima Petikan Keputusan Bupati Kuningan tentang kenaikan pangkat. Penyerahan SK diserahkan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama didampingi Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala BKPSDM Drs. Uca Somantri, M.Si di Aula UPTB Pengelola Fasilitasi Pengembangan SDM BKPSDM Kab. Kuningan Jl. Raya Cikaso Kramatmulya, Senin 30/9.

Dalam laporannya Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, Kepangkatan dan Jabatan Fungsional, Ria Apriani, SE, M.Si mengatakan kegiatan ini sebagai penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian pegawai negeri sipil terhadap negara atau pemerintah daerah dan motivasi dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai.

Dijelaskannya untuk PNS yang menerima kenaikan pangkat ini, adalah PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan yang telah memenuhi syarat untuk kenaikan pangkatnya periode Oktober 2019, Sebanyak 200 orang, terdiri dari Golongan IV sebanyak 6 orang, Golongan III sebanyak 167 orang dan 27 orang untuk golongan II.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, kenaikan pangkat bukanlah hak PNS, melainkan penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian terhadap negara. “Dengan pemberian pangkat akan menjadi dorongan atau motivasi untuk lebih meningkatkan kerja, melalui inovasi dan kreativitas, sehingga tujuan reformasi birokrasi yaitu menciptakan birokrasi yang profesional, berintegritas, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara dapat tercapai,” papar Acep.

Bupati mengajak, kepada seluruh PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk senantiasa meningkatakan profesionalitas dan integritasnya dalam melaksnakan tugas. PNS harus mampu menjadi pusat inovasi dengan lahirnya inovasi-inovasi baru dalam bekerja sehingga dapat meningkatkan kualitas, kuantitas dan kepuasan masyarakat terhadap pelayan publik yang diberikan.

Usai melakukan penyematan tanda pangkat Acep memberikan pesan diantaranya tingkatkan terus prestasi dalam bekerja dengan tetap mengutamakan moralitas dan kejujuran, karena hal itu akan menuntun untuk berbuat sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.

Tidak hanya itu ia juga menegaskan untuk melakukan inovasi dan terobosan baru dalam pelaksanaan tugas terutama untuk mendukung tercapainya Visi Kuningan Maju. “Berikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat sesuai dengan tugasnya masing-masing dan menjadi suri teladan baik dilingkungan kerja maupun dilingkungan masyarakat,” pintanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si sebelum pelaksanaan pemberian SK Kenaikan Pangkat memberikan pengarahan kepada seluruh peserta, diantaranya para PNS harus terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuannya dalam rangka profesionalisme PNS serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ada beberapa tips yang diungkapkan Dian untuk meningkatkan profesionalisme PNS. “ Jika ingin bahagia 1 jam pergilah tidur, Jika ingin bahagia 1 hari pergilah memancing, Jika ingin bahagia 1 bulan segeralah menikah, Jika ingin bahagia 1 tahun habiskan warisan, dan jika ingin bahagia selamanya, Cintailah Pekerjaan”. Tutup Dian.