Indonesian English

Akses Jalan Di Beberapa Lokasi Bencana Sudah Bisa Dilalui Kendaraan Roda Dua

Kategori: 

Pembukaan akses jalan di beberapa lokasi bencana alam terus dilakukan. Dari sejumlah lokasi bencana diantaranya sudah bisa dilalui kendaraan roda dua. contohnya akses jalan Desa Jabranti-Dusun Banjaran-Winduherang, Kecamatan Karangkancana.

Selain di Desa Jabranti Kecamatan Karangkancana, akses jalan yang sudah bisa dilalui kendaraan roda dua yakni akses jalan Desa Cipedes-Pamupukan, Kecamatan Ciniru.

Sementara, akses jalan Desa Pinara di Kecamatan Ciniru masih dilakukan pembukaan dengan menggunakan alat berat backhoe yang sudah mencapai 15 titik dari 20 titik lokasi longsor.

Begitu pula pembukaan akses jalan Desa Cipakem-Cigerut Ku;on-Cigerut Wetan Kecamatan Maleber yang membutuhkan percepatan termasuk hunian sementara (Huntara).

Berdasarkan laporan Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, lahan huntara untuk warga Desa Cipakem yang terdampak bencana, kini sudah dilakukan pengukuran yang rencananya menggunakan lahan lapang bola Desa Cipakem seluas 0,324 hektar.

Lahan itu bisa digunakan untuk membangun 160 unit huntara ukuran 3 x 4 meter. Untuk ukuran 6 x 6 meter lahan harus ditambah dan sudah disediakan tanah bengkok 0,3637 hektar.

“Jika kekurangan rencanannya akan menggunakan tanah milik perorangan 0,0645 hektar di sekitar lokasi itu,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)