Indonesian English

Aksi Pungut Sampah Di Acara Car Free Day

Kategori: 

Dalam rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Pemerintah RI punya agenda tiga bulan bersih sampah (TBSS) mulai tanggal 21 Pebruari sampai dengan 21 April 2018, yang harus dilaksanakan oleh kabupaten/kota di Indonesia. Menyikapi hal itu Pemerintah Kabupaten Kuningan menyambut baik atas gagasan Pemerintah RI, sebagaimana diungkapkan oleh Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, agenda itu merupakan momentum yang tepat untuk melakukan koreksi aksi serta gerakan bersama antara pemerintah dengan masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah.

“Ini momentum tepat untuk mewujudkan Indonesia bersih sampah tahun 2018 sesuai Peraturan Presiden RI Nomor 97 Tahun 2017 Tentang Kebijakan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan sejenis Sampah Rumah angga,” kata Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, pada acara Aksi Pungut Sampah, di jalur Car Free Day, Minggu (11/3/2018).

Menurutnya, kegiatan Car Free Day adalah kegiatan yang mendukung serta berpihak pada lingkungan. Pada acara Car Free Day yaitu selama tiga jam mulai pukul 6.00-09.00 WIB terbebas polusi kendaraan bermotor mulai Cijoho sampai jalan Veteran setiap hari Minggu. “Tapi ironisnya jika pada saat Car Free Day kita malah membuang sampah sembarangan, tidak pada tempatnya, sampah berserakan di jalan. Oleh sebab itu mari kita pungut bersama-sama sampah di sepanjang jalur Car Free Day,” paparnya.

Plt Bupati Dede Sembada mengharapkan aksi pungut sampah dapat menumbuhkan kesadaran soal pentingnya pengelolaan sampah yang baik. Dengan memperlakukan pengelolaan sampah yang baik akan mendatangkan manfaat besar dalam mewujudkan lingkungkan yang sehat “Saya berharap mudah-mudahan melalui aksi pungut sampah dalam acara Car Free Day ini menjadi budaya bagi kita semua dalam memperlakukan sampah yang kita timbulkan dengan bijak,” harapnya. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)