Badan Perlindungan Konsumen Nasional RI Temui Bupati Acep

Kategori: 

Setelah melaksanakan kegiatan bersama di Dinas Kopdagperin, BPSK dan LPKSM, Komisioner BPKN Lasminingsih mengunjungi Bupati Kuningan H. Acep Purnama di ruang kerjanya, Kamis siang (15/10/2020). Didampingi Kabag kelembagaan dan kerjasama BPKN RI Eka Putri, Mini sapaan Lasminingsih langsung diterima oleh Bupati Acep. Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Kopdagperin Kabupaten Kuningan Ir. Bunbun Budyasa dan Ketua BPSK Acep Tisna dan anggota BPSK M. Noor.

Menyampaikan kedatangannya, Lasminingsih menyampaikan terima kasihnya atas segala bentuk perhatian Pemkab Kuningan atas kepeduliannya terhadap masalah perlindungan konsumen. " Kami sangat bangga dengan keberadaan BPSK Kuningan, terlebih dukungan dan perhatian Bapak Bupati dalam menyiapkan kantor untuk BPSK . Keberadaan BPSK Kuningan kami lihat sangat bagus dalam penanganan perkara pengaduan konsumen, ditambah SDM yang bagus ditunjang dukungan pak Bupati semakin memperkuat eksistensinya," ujar Lasminingsih membuka pembicaraan.

Apa yang kami lihat disini, apa yang kami bahas disini akan kami sampaikan kepada Ketua BPKN , Dr. Rizal karena beliau juga yang menugaskan kami ke Kuningan melihat keberadaan BPSK yang dinilai bagus, ungkapnya.

Lasminingsih melanjutkan, "sebagai ketua komisi 2 yang membidangi masalah kelembagaan dan kerjasama, tentu kami sangat terkesan atas kunjungan pertama kami ke kabupaten Kuningan, khususnya dalam bentuk perhatiannya dalam penanganan sengketa konsumen. Ini perlu menjadi contoh bagi kabupaten / kota lain dalam pelaksanaan tugas dan fungsi BPSK.

Sementara Bupati Kuningan, H. Acep Purnama menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan komisioner BPKN dan menyampaikan salam kepada Ketua BPKN RI Dr. Rizal. "Salam hormat juga kepada Dr. Rizal, dan selamat atas pelantikan beliau sebagai ketua BPKN yang baru. semoga keberadaan BPKN dan BPSK semakin melindungi hak-hak dan kewajiban konsumen serta juga tetap menjaga menjaga hak-hak pelaku usaha." Ucap Bupati.

Lanjut Bupati, "kemarin ketika saya datang berkunjung ke BPSK juga menanyakan berbagai hal ternasuk pengaduan2 yang masuk dan Alhamdulillah semuanya dapat diselesaikan dengan baik tanpa ada yang merasa dirugikan." Tentu saya juga berterima kasih atas semua penilaian dari BPKN terhadap kami dan juga BPSK Kuningan, hal tersebut semata-mata kami lakukan untuk masyarakat, khususnya konsumen yang merasa dirugikan.

Semoga kedepan kiprah BPSK semakin baik lagi, dan kami terus berharap masyarakat konsumen merasa tenang dan nyaman, begitupun sebaliknya Pelaku Usaha juga lebih maju dan tidak hanya memperhatikan haknya saja tetapi juga dapat memperhatikan hak-hak konsumen. Jadi hak dan kewajiban kedua pihak harus seimbang, tegasnya.

Diakhir acara bupati dan BPKN bertukar cinderamata sekaligus berfoto bersama. Sebelumnya , di hari yang sama bertempat di Gedung Dekopinda Kabupaten Kuningan, Lasminingsih dan Kabag Kelembagaan dan Kerjasama BPKN RI melaksanakan kegiatan bersama Dinas Kopdagperin, BPSK dan LPKSM Perisai Rakyat Kuningan (PERAK). Kegiatan tersebut merupakan tugas dari BPKN RI khususnya komisi 2 yang membidangi soal kelembagaan dan kerjasama. Lasminingsih sendiri adalah Ketua Komisi 2 di lembaga negara tersebut. Dari hasil kegiatan tersebut ditemukan capaian kinerja lembaga perlindungan konsumen di daerah, termasuk BPSK dan LPKSM. Dari situ juga diperoleh hasil-hasil, apa yang menjadi kendala, hambatan dan sejauh mana perkembangannya lembaga tersebut dalam melaksanakan perlindungan konsumen. (Bid/Ikp/Diskominfo)