Indonesian English

Bagian Humas Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Pres Melalui UKW

Pemerintah daerah melalui Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan, memberikan dukungan cukup tinggi terhadap perkembangan serta kemajuan pers di daerah ini. Hal itu diakui oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuningan, Iyan Irwandi, pada acara penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Angkatan ke-21, di Wisma Permata, Komplek Stadion Mashud Wisnu Saputra, Sabtu (22/9/2018).

“Alhamdulillah Uji Kompetensi Wartawan bisa terselenggara dengan sukses. Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung penuh dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” kata Iyan Irwandi. Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuningan, PWI Jawa Barat serta PWI Pusat digelar selama dua hari Jumat-Minggu (21/22/2018). 

Sebanyak 37 peserta wartawan dari beberapa media cetak, media elektronik serta media online yang bertugas di Kabupaten Kuningan, Cirebon dan kabupaten Indramayu mengikuti tes praktek kewartawanan dengan tim penguji yang mendapat penugasan dari dewan pers. Acara itu dibuka oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, dihadiri Ketua PWI Jawa Barat Mirza Zuulhadi bersama jajaran kepengurusan PWI Jabar lainnya, Ka Bag Humas Setda Kabupaten Kuningan, DR. Wahyu Hidayah,M.Si serta pejabat lainnya.

Peserta UKW diuji kemampuan dalam melakukan wawancara, menulis berita, jejaring serta tes lainnya yang berkaitan dengan tiugas-tugas kewartawanan. Dari sejumlah peserta yang mengikuti UKW, 31 wartawan dinyatakan kompeten. Sedangkan enam orang wartawan dinyatakan belum kompeten.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyambut baik atas kegiatan tersebut. Ia menyampaikan terima kasih kepada peserta maupun penyelenggara kegiatan tersebut. “Kegiatan ini bukan untuk membatasi tugas-tugas kewartawanan, namun sebagai wahana evaluasi atau megukur kemampuan wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistik,” kata Bupati Kuningan, H, Acep Purnama.

Melalui kegiatan itu Bupati Acep mengharapkan khususnya kepada peserta UKW untuk meningkatkan profesionalme yaitu sebagai wartawan yang bertanggung jawab, dengan memegang teguh kode etik jurnalistik. “Wartawan dituntut akurat dalam menyuguhkan berita, termasuk dalam menyampaikna berita pembangunan Kabupaten Kuningan kepada masyarakat Kuningan maupun luar daerah,” imbuhnya (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)