‘Calung Komunikatif’ Hibur Masyarakat Desa Sakerta Timur

Darma, Info Kuningan- Di era teknologi informasi yang berkembang sekarang ini, media digital terutama media sosial menjadi saluran informasi yang banyak diminati masyarakat. Namun bukan berarti keberadaan media tradisional harus dikesampingkan sebagai salah satu wahana dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

Di Kabupaten Kuningan, media tradisonal seperti, pertunjukan Wayang Golek, Reog, Calung dan media pertunjukan lainnya, masih banyak diminati dan masih menjadi sarana yang efektif untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, terutama informasi-informasi tentang program pembangunan pemerintah daerah.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan, selaku diseminator Informasi pemerintah daerah, Sabtu (9/3/2019) malam, menggelar acara Fasilitasi Kelompok Informasi Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kab.Kuningan dengan menampilkan pementasan ‘Calung Komunikatif’ di Area Wisata Desa Sakerta Timur, Kecamatan Darma. FK Metra sendiri merupakan wadah bagi kelompok seni tradisional di Kabupaten Kuningan yang mendapatkan pembinaan langsung dari Diskominfo.

Kepala Diskominfo Kab.Kuningan, Drs.Teddy Suminar, M.Si, saat memberikan sambutan mengatakan, calung sebagai salah satu budaya milik masyarakat Sunda, diharapkan keberdaannya mampu bertahan di era modern dan tetap berada di hati setiap masyarakat. Pemilihan pementasan calung sebagai kesenian tradisional komunikatif, bukan semata-mata sekedar menampilkan kreasi saja, tetapi lebih dari itu adalah pemberdayaan sekaligus pemberian pengakuan kepada penggiat seni untuk turut serta berkontribusi dalam menyebarluaskan informasi pembangunan.

“Selain menjadi tontonan yang menghibur, pentas seni calung juga diharapkan menjadi sarana informasi kepada masyarakat terutama dalam memberikan informasi berupa program-program pembangunan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan oleh pemerintah. Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan edukasi serta ajakan kepada masyarakat ke arah yang positif,” tuturnya.

Berkaitan dengan Pemilu Presiden dan Legislatif pada bulan April 2019 mendatang, Dalam kesempatan tersebut, Kadis Kominfo juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah percaya akan informasi-informasi yang beredar, terutama informasi yang ada di media sosial. Karena menurutnya, banyak informasi bohong (HOAX) yang disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ada yang berbeda dalam pagelaran tersebut, uniknya, pementasan calung malam itu dikolaborasikan dengan wayang golek yang dimainkan oleh dalang muda asli Kuningan, Irwana Bagja Putu Romo Gembol, sehingga pertunjukannya lebih atraktif.

Acara yang mampu menghibur dan mengundang gelak tawa masyarakat Desa Sakerta Timur itu, turut dihadiri Forum Koordinasi Kecamatan Darma,  Kepala Desa Sakerta Timur beserta jajaran, sejumlah seniman Kabupaten Kuningan serta tamu undangan lainnya. (MC Kuningan)