“Ngagogo Lauk” Acara Rutin Berebut Ikan di Embung Pereng

Jalaksana, Info Kuningan

Ratusan masyarakat desa Sidamulya, Kecamatan Jalaksana yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, tua maupun muda dari berbagai tingkatan usia, sejak pagi hari berbondong-bondong menuju embung Pereng. Mereka akan berebut 2 jenis ikan yakni,lele dan nila siap saji sebanyak 2 kuintal, yang sengaja dibeli pemdes dan masyarakat, Sabtu (17/9/2010).

Pemdes dan masyarakat menyebut kegiatan yang sudah dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turut itu Ngagogo Lauk. Merupakan agenda tetap dan tradisi tahunan yang dilaksanakan setiap peringatan HUT RI dan menjelang Hari Jadi Kuningan, sejak adanya embung Pereng yang menjadi kebanggaan masyarakat desa Sidamulya.

“Kami sangat bangga dan bahagia dengan adanya kegiatan Ngagogo Lauk, karena masyarakat bisa mendapatkan ikan walaupun tidak mudah. Perlu perjuangan dan harus basah kuyup terlebih dahula, panitia juga tidak memperbolehkan menggunakan alat apapun. Itulah yang menjadi tantangan dan kadang bisa mengundang gelaktawa peserta dan penonton,” jelas Kades Sidamulya Sukendi, Didampingi Kasi Ekbang Maman Rukmana.

Dijelaskan Sukendi, tujuan utama masyarakat mengikuti acara Ngagogo Lauk juga bukan satu-satunya untuk mendapatkan ikan yang banyak, melainkan untuk ikut memeriahkan dan menghibur diri serta melepas penat setelah beraktifitas. Bahkan ada yang sama sekali tidak mendapatkan ikan satupun, tapi mereka sangat bahagia dan ingin kembali mengikutinya.

Melalui kegiatan tersebut, Kades Sidamulya berharap dapat lebih mempererat tali silaturahmi, kekeluargaan yang semakin harmonis dan terjalinnya kebersamaan. Selain itu, juga dapat meningkatnya persatuan dan kesatuan diantara masyarakat. Karena mereka masing-masing sibuk, sehingga jarang bertemu satu sama lain.

“Insya Alloh tahun depan pada momentum peringatan yang sama Ngagogo Lauk akan kembali dilaksanakan. Mudah-mudahan jumlah ikannya tambah banyak dan pesertanya juga bisa mendapatkan ikan yang lebih banyak lagi. Jadi dari tahun ke tahun ada peningkatan dari kuantitas maupun kualitasnya,” pungkasnya. (infokuningan)