303 Mahasiswa STIKes Siap Mengabdi Untuk Masyarakat

Kuningan, Info Kuningan

Sebanyak 303 lulusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Kuningan siap diterjunkan ke tengah-tengah masyarakat usai mengikuti acara wisuda di Hotel Prima Resort Sangkanurip Kuningan baru-baru ini (26/9/2019).

KetuA STIKes H Abdal Rohim S.Kp, MH ketika diwawancarai diruang kerjanya Selasa (1/10/2019) menjelaskan bahwa, acara Wisuda XI dihadiri oleh Sekda Kuningan DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Banten Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. Dewan Pembina Yayasan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK), Ketua YPBHK Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes., AIFO dan sejumlah undangan lainnya.

Selain itu hadir para donatur pemberi Beasiswa, direktur rumah sakit, dan instasi mitra STIKKu se wilayah Ciayumajakuning dan Brebes, pimpinan perguruan tinggi Jawa Barat, Ketua organisasi profesi wilayah Jabar dan ketua organisasi profesi daerah Kuningan, Cirebon dan Brebes. Para orang tua wisudawan-wisudawati juga turut hadir bersama para undangan lainnya.

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH mengatakan, sebanyak 303 lulusan dari tiga program studi STIKKu yang diwisuda tahun ini, terdiri dari program studi Diploma III Kebidanan sebanyak 84 orang, program studi Keperawatan sebanyak 178 orang dan program studi Kesehatan Masyarakat sebanyak 41 orang.

"Kami Mewakili seluruh civitas akademika STIKes Kuningan, mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan seluruh orang tua/wali atas keberhasilan putera puterinya menyelesaikan studi di STIKes Kuningan.” papar H. Abdal.

Dalam usianya yang ke 13 STIKKu sudah banyak menorehkan prestasi dan kinerja yang sudah diraih. Prestadi yang diraih tahun ini diantaranya untuk kelembagaan ada penambahan tiga program studi, yakni S1 Kebidanan, Prodi Profesi Bidan dan prodi S2 Kesehatan Masyarakat, terangnya.

Dalam hal peningkatan Kemenristek Dikti, STIKes Kuningan mendapatakn peringkat ke-250 dari 2010 PTN/PTS non vokasi secara nasional dan peringkat ke-2 terbaik PTS Kesehatan se-Jawa Barat Banten. STIKKu juga naik cluster menjadi cluster 3.

Terkait SDM STIKKu, Kata H. Abdal, studi lanjut dosen terdiri dari S 2 sebanyak 5 orang, 3 dosen Keperawatan, 1 dosen prodi Kebidanan, 1 dosen prodi D III Kebidanan, S 3 sebanyak 3 orang, 1 dosen prodi keperawatan dan 1 dosen prodi kesehatan masyarakat.

"Terima kasih kepada, Kepala LLDIKTI wilayah IV Jawa Barat Banten atas bantuan, pengawasan, dan pembinaannya selama ini sehingga STIKKu terus diikutsertakan dalam berbagi kegiatan peningkatan kapasitas institusional. Bahkan pada tahun 2019 ini STIKKu dipercaya menerima Beasiswa Bidik Misi. Begitu pula kepada ketua YPBHK beserta seluruh jajaran pengurus, Pembina dan pengawas yayasan, kami mengucapkan terima kasih atas berbagai dukungan moril dan materil dalam pengembangan STIKKu yang pada tahun ini telah merealisasikan harapan memiliki sarana olah raga, yakni lapangan baru dibelakang kampus semoga dapat bermanfaat bagi STIKKu dan masyarakat sekitar kampus. Kami doakan semoga YPBHK terus diberikan kemudahan, keberkahan dan tetap menunjukan keberpihakan terhadap upaya peningkatan mutu.” Pungkasnya. (infokuningan)