Aplikasi ‘SISUMAKER’ Berikan Kemudahan Akses Pengelolaan Surat Menyurat

Cilimus,- Dalam rangka mendukung peningkatan kinerja, implementasi e-goverment, penyelenggaraan administrasi ketatausahaan yang tertib, efektif, efisien dan aman, diperlukan kecepatan dan keterpaduan informasi dan data antar unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Untuk itu, Pemkab Kuningan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menyelenggarakan kegiatan pengenalan aplikasi Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar (SISUMAKER) kepada sejumlah Pejabat Kecamatan pada kegiatan Sosialisasi Persandian Dalam Rangka Mendukung Penyelenggaraan Pemerintah Berbasis Elektronik/E-Government Dengan Penerapan Sertifikat Digital/Elektronik Tahun 2019, bertempat di Hotel Prima Resort Sangkanhurip, Senin (29/7/2019).

Narasumber dari Diskominfo Kab.Kuningan, Heri Juheri, S.Kom, saat memberikan penjelasan mengatakan, bahwa aplikasi SISUMAKER merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar beserta distribusinya, pendisposisian serta pengarsipan dokumen.

Sisumaker memiliki beberapa fitur yang menunjang dalam pengelolaan surat serta fitur pengarsipan secara digital. Selain itu juga memiliki fitur multiuser yang memudahkan proses distribusi surat kepada pejabat/pegawai melalui akun Sisumaker.

“Aplikasi ini melekat pada masing-masing pejabat karena aplikasi ini mempunyai notifikasi melalui HP,” kata Heri.

Aplikasi SISUMAKER yang diterapkan Pemkab Kuningan, akan semakin efektif serta mempercepat alur disposisi surat masuk dan keluar serta efesien, karena dapat membuka dan mendisposisikan surat dengan cepat.

“Aplikasi ini akan menunjang Pemkab Kuningan dalam menghadapi era paperless yaitu era dimana pemakaian kertas semakin sedikit. Dengan semakin sedikitnya penggunaan kertas pada instansi-instansi tentu akan mendukung program pelestarian lingkungan juga akan menghemat penggunaan anggaran,” pungkasnya. (infokuningan)