Indonesian English

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab.Kuningan, Buka Kegiatan Optimalisasi Media Center

Kuningan, Info Kuningan

Di era globalisasi sekarang ini, kehidupan  masyarakat tidak  dapat  dipisahkan dari aktivitas komunikasi, karena komunikasi merupakan    bagian    integral    dari    sistem tatanan    kehidupan    sosial    manusia    dan  masyarakat.  Komunikasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, juga merupakan medium penting bagi pembentukan dan pengembangan  pribadi  untuk  kontak  sosial.

Demikan hal tersebut dikemukakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Kuningan, Drs.H.Maman Hermansyah, M.Si saat memberikan sambutan dalam kegiatan Optimalisasi Media Center yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab.Kuningan, Selasa (15/5/2018) di Aula Wisma Permata Kuningan.

Selanjutnya Maman juga mengemukakan, selain komunikasi, informasi juga tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat bahkan telah menjadi kebutuhan pokok. “Melihat kondisi yang demikian, tentu masyarakat perlu difasilitasi dengan diberikan sarana komunikasi dan informasi yang tepat, agar mereka dapat mencari, memperoleh, dan mengolah informasi bakhan bisa saling bertukar informsi antara satu dengan yang lainnya. Untuk itu pemerintah kabupaten kuningan melalui diskominfo telah membangun media center, yang merupakan sarana publik untuk mencari dan memperoleh informasi,” tuturnya.

Selain sebagai sarana publik, dikatakan Maman, keberadaan media center juga sebagai diseminator informasi dari pemerintah ke publik, baik berupa informasi hasil-hasil pembangunan maupun informasi kebijakan-kebijakan pemerintah pusat dan daerah, sehingga masyarakat dapat berpartisifasi dalam setiap proses kebijakan yang berhubungan dengan publik. Selain itu, media center juga berperan dalam meningkatkan kualitas komunikasi dan pertukaran informasi antara pemerintah daerah dan pusat.

“Perlu diketahui, saat ini media center Diskominfo Kab.Kuningan, tengah melaksanakan sebuah program yang bernama Sistem Percepatan Informasi Pembangunan (SPIP). Melalui program tersebut tengah dikembangkan sebuah aplikasi ‘Dashboard Kuningan’ sebagai induk aplikasi, dimana di dalamnya terdapat berbagai aplikasi lain, seperti aplikasi SP4N, PPID, SIDT, Kepegawaian dan SKPD, Teleconference dan City View. Untuk itu saya berharap, program berbasis aplikasi digital tersebut bisa segera diterapkan sebagai salah satu pendukung e-Government di lingkungan pemerintah kabupaten kuningan,” pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, selanjutnya Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kuningan, membuka secara resmi kegiatan ‘Optimalisasi Media Center’ yang diikuti 63 peserta yang merupakan Admin SPIP dari SKPD dan Kecamatan se-Kabupaten Kuningan. Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kepala Diskominfo Kab.Kuningan, Drs.Teddy Suminar, M.Si, Kabid IKP Diskominfo, Edi Mukhtar, SIP dan undangan lainnya. (Yudi)