Indonesian English

BSMSS Sebagai Bentuk Kebersamaan dan Gotong Royong

Darma, - Seluruh lapisan masyarakat diajak untuk turut mendukung kegiatan program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS), yang dibuka Komandan Kodim 0615/Kuningan, Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto, di Desa Cipasung, Kecamatan Darma, Senin (16/7/2018).

Menurut Daru, program ini didorong oleh wujud kepedulian TNI AD, khususnya Kodim 0615/Kuningan dengan pemerintah, dalam bentuk kegiatan pembangunan infrastruktur. Sekaligus BSMSS ini merupakan bentuk kebersamaan yang dibangun melalui gotong-royong sebagai budaya warisan nenek moyang.

“Masyarakat harus memahami dan mengamalkan empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatan ini juga termasuk ke dalam sikap menjaga kedaulatan NKRI. Saya berharap kepada Kades dapat mengarahkan warganya untuk turut serta bersama-sama dalam melaksanakan Karya Bhakti BSMSS ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Deniawan, mengemukakan, sejalan dengan perkembangan globalisasi dan perubahan pola pikir masyarakat sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, kebutuhan akan kesejahteraan hidup semakin tinggi, terutama kebutuhan akan sarana dan prasarana fisik lingkungan.

Oleh karenanya, dengan melihat persoalan tersebut, TNI sebagai bagian dari masyarakat mempunyai program untuk menguatkan kembali rasa kebersamaan dan gotong-royong masyarakat melalui kegiatan BSMSS.

“Saya sangat mengapresiasi sekali program BSMSS dari TNI. Ini sangat positif, baik sekali untuk masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, dikatakannya, BSMSS merupakan program terpadu lintas sektor antara TNI dan Kementerian/lembaga dari pemerintah pusat, dan daerah serta non pemerintah, yang dilaksanakan bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi pembangunan perdesaan.

“Pembangunan berbagai infrastuktur dan sarana tersebut akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat,” katanya. (MC Kuningan)