Desa Gunungkeling Jadi Tuan Rumah Bina Wilayah se-Kecamatan Cigugur

Cigugur,- Kegiatan Bina Wilayah, yang merupakan agenda rutin tahunan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kuningan, untuk tahun 2019 telah berakhir. Kegiatan yang dimulai dari tanggal 24 Juni s/d 8 Agustus 2019 tersebut, telah dilakukan di 32 desa/kelurahan yang merupakan desa/kelurahan terbaik hasil penilaian Bina Wilayah Tingkat Kecamatan. Dan Desa Gunungkeling merupakan desa terakhir yang dikunjungi dalam kegiatan Bina Wilayah untuk tahun ini.

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj.Ika Siti Rachmatika, Ketua Tim Bina Wilayah, Ny.Ella Dian Rachmat Yanuar, Camat Cigugur, para Kepala Desa se-Kecamatan Cigugur, Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Cigugur dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua TP PKK Kab.Kuningan, Hj.Ika Siti Rachmatika, saat memberikan sambutan dalam Kegiatan Bina Wilayah di Desa Gunungkeling, Kamis (8/8/2019) mengatakan, kegiatan Bina Wilayah sangat penting dilakukan. Harapannya ada dampak terhadap kualitas hidup masyarakat. Untuk itu menurut Ika, kader PKK harus menggerakan kader dan masyarakat dalam menjalankan 10 program PKK diwilayahnya “

Pembinaan Kader PKK sangatlah penting, program yang ada terus berjalan menggerakan masyarakat agar sadar akan pentingnya pola hidup sehat yang ada dalam 10 program PKK,” ucapnya.

Selain itu, dikatakan Ika, tujuan kegiatan Bina Wilayah ialah untuk mengevaluasi sejauh mana kegiatan dan program PKK dilaksanakan ditingkat desa/kelurahan. Tidak semata-mata mencari kekurangan atau kesalahan, namun lebih menitik beratkan kepada pelaksanaan program kerja serta keberhasilannya.

“Dalam setiap pembinaan, diantaranya mulai dari Posyandu, Bina Keluarga, lansia, hingga Bina Keluarga Balita. Setiap Pokja diharapakan lebih maksimal lagi dan menambah inovasi agar lebih aktif menggali kreatifitas program,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gunungkeling, Agus Alamsyah, disela-sela kegiatan, kepada Info Kuningan mengemukakan, dengan adanya pelaksanaan Bina Wilayah diharapkan dapat menciptakan ukhuwah dan menggalang persaudaraan yang lebih harmonis, sehingga tujuan PKK dapat terwujud dengan baik, dapat memberdayakan keluarga menuju keluarga yang beriman dan bertakwa terhadap Allah SWT, berahlak mulia serta berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin.

“Tak lupa, Saya beharap kepada semua pihak, yang selama ini telah terjalin kerjasama dengan baik, terus dilanjutkan bahkan lebih ditingkatkan lagi agar tujuan mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera tercapai,” pungkas Agus. (infokuningan)