Indonesian English

Desa Sindangsari Wakili Kuningan Pada Lomba Siskamling Tingkat Polda Jabar

Sindangagung, Info Kuningan

Masyarakat Desa Sindangsari, Kecamatan Sindangagung, beserta elemen, perangkat dan anggota linmas yang terlatih, secara bergiliran, rajin dan kompak dalam melaksanakan siskamling.  Kegiatan tersebut, sudah sejak lama  dilakukan dalam menjaga dan memelihara kamanan dan ketertiban lingkungan. Kesadaran akan pentingnya siskamling, sebagai bagian dari kewajiban juga sudah tertanam dan melekat di masyarakat.

Sehingga masyarakat sudah terbiasa untuk melakukannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Aktifitas yang dapat mengantisipasi  berbagai kejadian di masyarakat dan banyak manfaatnya tersebut, ditunjang pula dengan tersedianya  5 buah poskamling permanen serta sarana dan prasarana yang lengkap di setiap dusun. Sehingga desa Sindangsari, sejak tahun 2016 selalu dijadikan percontohan di tingkat Kabupaten dan study banding dalam pelaksanaan siskamling.

Berkat eksistensinya dalam menjaga keamanan lingkungan, Desa Sindangsari dipercaya mewakili Kabupaten Kuningan pada lomba Siskamling tingkat Polda Jabar tahun 2018. Kepercayaan yang diberikan berdasarkan beberapa kriteria yang telah dimiliki, kepedulian, partisipasi serta kondusifitas yang terjaga. Penilaian diketuai AKBP Lilies Mulyani, SH, AKBP Tatang Sutisna dan beberapa anggota kepolisian lainnya dari Polda Jabar, bertempat di Poskamling dusun Manis desa setempat, senin (7/5/2018).

Dalam sambutannya, Tim penilai menjelaskan bahwa, Siskamling bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat masyarakat terhadap kepedulian warga untuk ikut bersama-sama menciptakan rasa aman dan nyaman di wilayahnya. Selain itu lomba lomba Siskamling juga, bertujuan memupuk rasa tanggung jawab sosial dalam hal Pam Swakarsa dan Membudayakan Pemolisian Masyarakat.

Selain itu, Tim Penilai menyampaikan pula tentang kelengkapan dan tata cara kinerja Poskamling yang baik dan benar, serta tata cara penanganan kejadian dan memelihara Kamtibmas. Beberapa pertanyaan ditujukan kepada Kasatgas dan para petugas siskamling tentang berbagai hal, dalam menjaga ketertiban dan keamanan kemudian membantu penyelesaian kejadian.

Berbagai kelengkapan untuk antisipasi kejadian pada saat kegiatan Ronda/Kamling yang wajib dan harus dibawa di antaranya, Borgol, senter, dan Fungsi P3K. Petugas siskamling juga, wajib mengetahui FKPM dan 3 ( Tiga ) Pilar dan No Telepon masing-masing Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa serta penguasaan jenis Bunyi Suara Kentongan kejadian harus diketahui oleh warga dan cara pemberitauan himbauan kamtibmas.

Menurut Tim Penilai, Siskamling juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk memupuk tali silaturahmi dan mendisiplinkan diri, sebagai bentuk tanggungjawab terhadap lingkungan. Hadir saat penilaian lomba tersebut, perwakilan dari Polres Kuningan, Camat Sindangagung beserta unsur Forum Koordinasi Kecamatan, Kades beserta perangkat, Anggota Linmas dan masyarakat setempat yang ikut menyaksikan prosesi penilaian dari awal hingga akhir. (MC Kuningan)