Desa Sukamukti Kembali Terima Bantuan Dari Qatar untuk Mesjid Jami At-Taqwa

Cipicung, Info Kuningan- Selama kepemimpinan Casta Miharja, Desa Sukamukti, Kecamatan Cipicung, terus menggeliat membangun berbagai infrastruktur untuk mendukung berbagai aktifitas masyarakat diberbagai sektor kehidupan, kantor desa, gedung serbaguna, jalan poros desa, jalan lingkungan dan lain - lain. Termasuk didalamnya sarana keagamaan.

Untuk sarana keagamaan, telah dibangun Pondok Pesantren dan Mesjid Jami Aisyah dilokasi yang sama. Sedangkan biaya yang dipergunakan merupakan bantuan yang berasal dari Negara Qatar sebesar Rp. 800 juta dan Rp. 250 juta. Saat ini, bantuan yang sama juga kembali digelontorkan untuk membangun Mesjid Jami At-Taqwa sebesar Rp. 810 juta.

Mesjid yang dibangun sejak bulan juli lalu, hingga rampung nanti diprediksi akan menelan anggaran sebesar Rp. 1,5 Milyar. Biaya sebesar itu, diperoleh selain bantuan dari Negara Qatar juga ditambah dari swadaya masyarakat setempat dan para donatur dari dalam dan luar desa. Untuk swadaya masyarakat setempat, setiap harinya dipungut sebesar Rp.2000/KK dengan jumlah sebanyak 650 KK.

"InsyaAlloh Mesjid Jami At-Taqwa yang sedang kami bangun akan rampung pada bulan Desember yang akan datang, mudah-mudahan sesuai dengan target akan terealisasi. Sehingga masyarakat desa Sukamukti, kedepan bisa melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya dengan kondisi sarana yang representatif," tutur Kades Cipicung, Casta Miharja didampingi Penanggungjawab yang juga Kasi Kesra N  Halim T, S.Pd.I.

Masih menurutnya, seluruh kegiatan yang sudah selesai dilaksanakan dan dimanfaatkan, merupakan hasil kerjasama yang baik antara pemdes, elemen, serta  berbagai pihak termasuk masyarakat yang memiliki andil besar dalam mensukseskannya. Karena tanpa dukungan dan partisifasi aktif masyarakat, seluruh program kegiatan baik fisik maupun non fisik sulit untuk tercapai dengan baik.

Untuk itu, pihaknya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung sepenuh hati demi tercapainya pembangunan  dan kemajuan di Desa Sukamukti. Walaupun masih ada beberapa yang belum tersentuh secara maksimal, itu semuanya dikarenakan keterbatasan anggaran yang tersedia. Seluruh pembangunan akan terus dilanjutkan bertahap dan berkelanjutan.

Dipenghujung kepemimpinannya sebagai Kepala Desa, Casta Miharja tetap memiliki semangat yang tinggi untuk mewujudkan Desa Sukamukti yang maju dan sejahtera seluruh masyarakatnya. Sehingga pihaknya terus berupaya, agar seluruh sarana dan prasarana untuk kepentingan publik dapat terpenuhi sebagai bagian penting dalam kehidupan sehari  hari. (mc kuningan)