Diskominfo Gelar Pemutaran Film Dilokasi TMMD Desa Legokherang

Cilebak, Info Kuningan- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program  terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan fisik, merehabilitasi sarana dan prasarana yang rusak, meningkatkan sarana prasarana wilayah berupa infrastruktur, fasilitas umum dan sosial. Sedangkan kegiatan non fisik, meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat, kesadaran bela Negara, penegakan hokum, disiplin nasional dan pengetahuan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan, seperti keluarga berencana, kesehatan, pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain melalui penyuluhan atau kegiatan lainnya yang sifatnya memberikan pencerahan dan penguatan jatidiri bangsa. 

Di tahun 2019, TMMD telah memasuki angka yang ke-104. Di Kabupaten Kuningan sendiri, TMMD dilaksanakan di Desa Legokherang, Kecamatan Cilebak dan dibuka langsung Bupati Kuningan, H.Acep Purnama.

Berkaitan dengan kegiatan TMMD ke-104, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan selaku diseminator informasi, juga turut andil dalam pelaksanaanya. Kontribusi yang diberikan berupa menggelar pemutaran film untuk masyarakat di lokasi sasaran, sabtu (9 & 23/3/2019) malam, bertempat dihalaman kantor desa setempat.

Selain memberikan hiburan kepada masyarakat, dalam pelaksanaan pemutaran film tersebut, Diskominfo juga memberikan edukasi bagaimana cara memanfaatkan teknologi informasi secara bijak agar terhindar dari berita-berita bohong atau Hoax yang saat ini banyak menyebar di media-media sosial. Dengan tujuan, agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab terutama isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam kegiatan pemutaran film tersebut, warga tampak antusias, terbukti dengan hadirnya ratusan warga Legokherang dari segala usia. (MC Kuningan)