Diskominfo Kab.Kuningan Berikan Pelatihan Aplikasi ‘Sapa Warga’

Kuningan, Info Kuningan

Dalam upaya mendorong program pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengukuhkan diri sebagai provinsi digital, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan, memberikan pelatihan aplikasi ‘Sapa Warga’ kepada peserta yang terdiri dari ketua RW, relawan TIK, aparatur desa dan kecamatan se-Kabupaten Kuningan, selama lima hari (23-27/9/2019) dilima lokasi yang berbeda.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Korwil I Sapa Warga Jabar, Asep Junaedi, Sekretaris Diskominfo Kab.Kuningan, Rosjani Sekarwati, SH, Sejumlah Kabid dan Kasi di lingkungan Diskominfo Kab.Kuningan, Tim Pelatih serta sejumlah undangan lainnya.

Kepala Diskominfo Kab.Kuningan, Drs.Teddy Suminar, M.Si, melalui Sekretaris, Rosjani Sekarwati, SH yang hadir dalam kegiatan tersebut mengemukakan, aplikasi ‘Sapa Warga’ merupakan aplikasi yang menjadi wadah aspirasi dari masyarakat kepada pemerintah.

“Dalam pelatihan ini (red_sapa warga) kami memberikan pemahaman kepada peserta cara menggunakan smart phone dan aplikasinya. Pasalnya, usia pengguna teknologi itu sangat beragam dengan pengetahuan akan teknologi yang berbeda pula. Kedua, mengenai pemanfaatan aplikasinya," katanya.

Masih menurut Rosjani, melalui aplikasi ‘Sapa Warga, dengan begitu informasi yang didapatkan tidak akan simpang siur, baik itu mengenai kebencanaan dan lainnya. sehingga, lanjut dia, meminimalisir celah bagi masyarkat untuk mengakses informasi hoaks.

"Selanjutnya berkaitan dengan aspirasi warga. Jadi, warga bisa menyampaikan ide, gagasan atau keluhan. Ketiga, sebagai pelayanan publik, sehingga masyarkat dapat membayar pajak atau retribusi juga," ujarnya.

Sementara, salah satu Tim Pelatih Aplikasi ‘Sapa Warga’ dari Diskominfo Kab.Kuningan, Heri Juheri, S.Kom, menjelaskan, dalam pelatihan tersebut, diawali dengan instalasi aplikasi ‘Sapa Warga’ pada gadget peserta, selanjutnya pelatihan mengunakan metode secara live view sehingga para peserta tidak kesulitan mengikuti langkah-langkah penggunaan aplikasi.

“Selanjutnya, peserta diberikan akses masuk aplikasi, sehingga bisa mengetahui menu apa saja yang ada dalam aplikasi ‘Sapa Warga’ diantaranya menu Lapor, e-samsat, Usulan, Survey, dan Info Harga,” pungkasnya. (infokuningan)