Infrastruktur Masih Menjadi Program Prioritas di Desa Ciporang

Maleber,- Geliat pembangunan Infrastruktur di desa Ciporang, Kecamatan Maleber, terus menampakan hasil yang signifikan. Terbukti beberapa titik kegiatan sampai saat ini, banyak yang telah dan sedang dilaksanakan. Diantaranya yang baru saja selesai adalah latasir jalan gang di 2 dusun, yakni Heuleut Kaler dan Heuleut Kidul masing-masing berukuran 673 meter dan 784 meter.

Kegiatan tersebut, menelan anggaran sebesar Rp. 67 juta dan 71 juta yang berasal dari bantuan Dana Desa tahun 2019. Kegiatan lainnya yang baru beberapa hari dilaksanakan berupa rehab gedung kantor desa, dengan alokasi anggaran sebesar Rp. 116 juta berasal dari bantuan Dana Desa. Gedung yang memiliki ukuran 17 X 7,4 meter tersebut direncanakan selesai dalam waktu 30 hari kerja.

“Seluruh kegiatan terutama fisik, yang kami laksanakan sesuai dengan skala prioritas dan atas persetujuan berbagai pihak serta disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang tersedia . Untuk itu, kepada masyarakat dimohon bersabar. Apabila yang menjadi keinginan dan harapannya belum terealisasi pada tahun ini,” ungkap PJS Kades Ciporang, Jamaludin, S.Pd melalui Kasi Ekbang E Suhenda belum lama ini.

Dikatakan Suhenda, untuk rehabilitasi kantor desa sudah direncanakan jauh hari sebelumnya karena melihat kondisi dibeberapa bagian bangunan sudah mengalami kerusakan, terutama pada bagian atas dan kayu-kayu penyangga sudah lapuk karena termakan usia. Hingga dikhawatir dengan datangnya musim penghujan akan mengganggu aktifitas kegiatan pelayanan kepada masyarakat, karena sering bocor.

"Maka kami sepakat untuk merehabnya, sekaligus akan melakukan perubahan dan penataan pada beberapa ruangan, termasuk ruang Kades dan seluruh aparatur. Selain itu, akan diupayakan pula untuk membuat ruang khusus pelayanan masyarakat. Mudah-mudahan seiring dengan selesainya gedung kantor baru nanti, pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat," ungkapnya.

Menurutnya, gedung kantor yang representatif, aman dan nyaman akan mampu menumbuh kembangkan semangat, kreatifitas dalam bekerja. "Sarana dan prasarana yang memadai memiliki peranan penting didalam mewujudkan hasil kinerja yang maksimal, InsyAlloh, Kades dan aparatur serta lembaga maupun elemen memiliki kesamaan gerak dan langkat kearah itu," pungkas Suhenda. (info kuningan)