Kades Cikahuripan: Pembangunan Infrastruktur Untuk Menuju Kemandirian

Maleber,- Desa Cikahuripan, Kecamatan Maleber, seiring perjalanan waktu dibawah kepemimpinan Caswadi, SAP terus menata berbagai sektor melalui program pembangunan baik fisik maupun non fisik. Setelah selesai melaksanakan beberapa titik infrastruktur yang menyentuh kepentingan masyarakat, kini diakhir tahun tepatnya pada awal bulan Desember 2019, kembali memulai pembangunan kios desa sebanyak 6 unit.

Kios tersebut, masing - masing berukuran 3 X 4,5 meter berada di RT.1 RW.1 Dusun I. Lokasi yang dipilih untuk dibangun kios merupakan tanah pemdes yang sangat strategis, berada dipinggir jalan utama desa yang berdekatan dengan kios desa sebelumnya. Sehingga memudahkan pedagang maupun pembeli untuk betransaksi dan melakukan aktifitas jual beli.

Kepala Desa Cikahuripan, Caswadi, SAP diruang kerjanya beberapa waktu lalu kepada Info Kuningan menjelaskan, pembangunan kios desa dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sudah dan akan membuka usaha dibidang perniagaan. Mereka sangat mengharapkan sarana yang representatif, untuk menggantungkan hidupnya sebagai mata pencaharian tetap.

Keinginan masyaralat untuk memiliki tempat usaha yang refresentatif disambut pihaknya, maka setelah melakukan proses dan musyawarah, dibangunlah kios desa untuk sementara sebanyak 6 unit. Menurutnya, kedepan bisa ditambah jumlahnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bahkan akan didukung dengan sarana penunjang lainnya.

"Misalnya saja, fasilitas jalan lebih lebar dan penataan lingkungan sekitarnya akan dimaksimalkan, agar terlihat lebih rapih dan indah. Apalagi dilokasi yang tidak jauh sebelumnya sudah tersedia taman desa sebagai sarana bermain anak yang nyaman dan aman. Jadi kios lama yang berada di depan kantor desa setelah selesai kios baru akan dibongkar untuk ditata ulang, pedagangnya akan menempati kios yang lebih bagus," tutur Caswadi.

Masih menurutnya, sesuai dengan visi "Amanah" Agamis, Mandiri dan Berakhlaqul Kharimah yang diusung bisa berjalan sesuai harapan berbagai pihak. Sehingga seluruh potensi desa bisa tergali demi meningkatkan tarap hidup masyarakat sesuai dengan kemampuan dan keahliannya masing-masing dengan maksimal agar kemandirian bisa diraih.

"Mudah-mudahan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dari berbagai sisi kehidupannya dapat diwujudkan. Memang bukan pekerjaan mudah, namun bukan sesuatu yang mustahil apabila kita terus berupaya. Hasil yang kita raih, tergantung pada seberapa besar upaya yang kita lakukan. Perubahan untuk lebih baik harus kita lakukan, demi masa depan kita bersama", pungkasnya (info kuningan)