Indonesian English

Kadis Kominfo Ingatkan Masyarakat Waspada ‘HOAX’

Darma, Info Kuningan- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan, Drs.Teddy Suminar, M.Si mengingatkan masyarakat Kabupaten Kuningan mewaspadai Hoax atau berita bohong yang kini marak beredar di media sosial. Menurutnya, media sosial yang memanfaatkan jaringan internet menjadi sarana ampuh untuk penyebaran Hoak bahkan menjadi sarana penyebaran ujaran kebencian yang tidak sedikit menimbulkan aksi radikalisme ditengah masyarakat.

“Berdasarkan data dari lembaga riset WeAreSocial, pengguna internet di Indonesia merupakan pengguna nomor empat terbanyak di dunia. Sehingga internet dalam hal ini penggunaan media sosial menjadi sarana ampuh unutk penyebaran berita bohong atau kabar palsu yang kita kenal dengan HOAX,” tutur Teddy, saat memberikan sambutan pada acara Fasilitasi Forum Komunikasi Media Tradisional di Area Wisata Desa Sakerta Timur, Sabtu malam (13/10/2018).

Dikatakan Teddy, dengan mudahnya mengakses internet di era sekarang ini, membuat siapa saja mudah mendapat, mencari dan menyebarluaskan informasi. “Lewat aplikasi WA, Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya, informasi kini mudah diperoleh karena dan bisa kembali disebarluaskan dalam waktu singkat, entah itu informasinya benar atau tidak,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, generasi muda patut menjadi perhatian utama karena mereka menjadi pengguna internet paling besar. Apalagi, di era saat ini dimana memiliki smartphone sangat mudah serta jaringan internet yang semakin luas. "Masyarakat kita harus cerdas menyaring kebenaran berita atau informasi yang berkembang, terutama bagi para generasi muda," ujarnya.

Atas kondisi tersebut, Kadis Kominfo mengajak masyarakat untuk cerdas dalam memilah informasi yang dapat diakses di dunia maya dan meminta masyarakat mewaspadai derasnya konten Hoax terutama yang banyak tersebar di media sosial. 

"Intinya kita harus waspada dan antisipasi Hoax, apalagi menjelang Pilpres dan Pileg bulan April 2019 mendatang suhu politik sangat tinggi, konten-konten Hoax akan banyak tersebar di dunia maya. Untuk itu, waspada dan jadilah pengguna internet yang bijak, baik dalam mengakses maupun menyebarluaskan informasi. Cari informasi dari sumber-sumber yang dapat dipercaya, jangan sampai akibat mengeshare info Hoax, kedepannya malah berurusan dengan hukum," pungkasnya. (mc kuningan)