Keserasian Sosial Atasi Kekurangan Air untuk Lahan Persawahan di Desa Sindangjawa

Kadugede, Info kuningan

Dalam rangka memenuhi kebutuhan air, terutama untuk mengairi lahan persawahan seluas 8 hektar, baru-baru ini masyarakat Desa Sindangjawa, Kecamatan Kadugede, sedang giat melaksanakan pembangunan irigasi tersier Cipadarek. Irigasi tersebut sepanjang 200 meter dengan lebar 40 Cm.

Kegiatan dibiayai dari Program Keserasian Sosial Kementerian Sosial RI tahun anggaran 2019. Pembangunan tersebut, merupakan upaya untuk mengatasi kekurangan air yang sering terjadi terutama saat musim kemarau tiba.

Selain itu, jika tidak segera dibangunnya infrstruktur pendukung berupa saluran air yang representatif, dikhawatirkan akan menghambat aktifitas petani dalam melakukan pola tanam yang baik, karena kekurangan air yang terjadi akan berdampak pula pada penurunan hasil panen.

"Pembangunan irigasi tersier merupakan kebutuhan penting masyarakat kami, untuk itu dengan adanya bantuan dari Program Keserasian Sosial dari Kemensos RI untuk pembangunan fisik, sangat terbantu. Ke depan lahan pesawahan yang ada, akan lebih berdayaguna dan berhasil guna. Petani juga akan lebih semangat, karena mereka akan mudah mendapatkan air tanpa harus berebut," ujar Otang Somantri belum lama ini.

Hal senada disampaikan pula Kades Sindangjawa, Oom Komariah, pihaknya sangat berterima kasih dengan bantuan program Keserasian Sosial yang telah diwujudkannya untuk pembangunan irigasi.

"Melalui keserasian sosial akan lebih menumbuhkembangkan, kebersamaan dan kekompakan diantara sesama masyarakat terutama para petani, mudah-mudahan kedepan semakin mukti dan sejahtera. Sehingga kebutuhan pangan di desa Sindangjawa dapat terpenuhi," ungkapnya

Ditambahkan Oom, sarana dan prasarana yang dibangun termasuk irigasi dari program keserasian sosial, itu benar-benar secara langsung menyentuh kebutuhan masyarakat terutama para petani. Terjadinya gesekan antara satu dengan yang lain itu, karena adanya kebutuhan air untuk lahan sawah yang tidak terpenuhi. Kedepan masyarakat petani akan lebih nyaman dan aman untuk bertani.

Di tempat terpisah Plt Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan Drs.H.Dadang Supardan,M.Si melalui Kabid Limjamsos Edi Supriadi, S.Sos.,M.Si didampingi Kasi PSKB Dedi Subandi, S.Pd menjelaskan, kegiatan Keserasian Sosial merupakan bantuan Kementerian Sosial RI, sebagai upaya untuk mengatasi komplik yang muncul di masyarakat, karena kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi secara baik.

“Kegiatan tersebut berbasis masyarakat, mereka ikut dilibatkan langsung. Karena merekalah yang lebih tahu apa yang dibutuhkan, setiap desa berbeda kebutuhannya. Bentuk kegiatan keserasian sosial berupa kegiatan fisik maupun non fisik seperti pembuatan sarana jalan kampung, rehabilitasi sarana ibadah, pembuatan lapangan olahraga, rehabilitasi saluran air lingkungan, pengadaan air bersih, pembuatan sarana penerangan lingkungan dan pembuatan tugu keserasian sosial,” pungkasnya. (infokuningan)