Indonesian English

Kreatifitas Kader PKK Desa Ragawacana Patut Dicontoh

Kramatmulya,- Kader PKK Desa Ragawacana, Kecamatan Kramatmulya, sejak beberapa tahun lalu terus melakukan berbagai inovasi dan mengembangkan kreatifitasnya. Dalam mengisi waktu luang, mereka memanfaatkan berbagai jenis barang bekas yang terbuang seperti bungkus kopi dari berbagai merk untuk dijadikan taplak meja, dompet, tas, karpet lantai, tutup galon dan lain-lain.

Selain itu, mereka juga telah banyak menghasilkan berbagai aneka macam bunga hias yang terbuat dari bahan plastik siap rangkai, dengan bentuk, ukuran, corak dan warna yang bervariasi, untuk dijadikan hiasan ruangan baik di rumah atau ditempat-tempat lainnya, sebagai pelengkap keindahan yang memiliki nilai seni. Bunga-bunga hiasan tersebut, sangat digemari banyak kalangan terutama para ibu rumah tangga.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Ragawacana Karwiti menuturkan, meski usia kadernya sudah tidak muda lagi, namun masih memiliki semangat dan keinginan yang kuat untuk maju. Itulah yang menurut Karwiti menjadi modal utama organisasinya bisa terus berinovasi,  disamping terus mengikuti berbagai pelatihan keterampilan yang ada.

"Berawal dari salah seorang kader yang memiliki kemampuan keterampilan seperti itu, lalu berkembang ke ibu-ibu lainnya. Sekarang semuanya sudah mampu berkreasi sendiri dan menghasilkan beberapa jenis hasil karya, tidak tertutup kemungkinan kedepan akan terus berkembang dan tercipta karya-karya lainnya yang lebih menarik dan banyak digemari para konsumen," tutur Karwiti kepada Info Kuningan, belum lama ini.

Selain menambah ilmu keterampilan, hasil dari mengolah barang bekas menjadi sebuah karya seni itu, dikatakan Karwiti dapat menambah penghasilan. Meski tidak besar namun dapat menambah penghasilan keluarga masing-masing kader. Sementara untuk bahan baku, menurutnya sangat mudah didapat, untuk bungkus kopi ia dan rekan-rekan kader, biasa memperolehnya dari TPS terdekat, warung-warung dan perumahan yang telah dikumpulkan pemiliknya. Sedangkan untuk bunga hias plastik daun dan bunganya bisa membuat sendiri atau beli tinggal pasang.

"Pokoknya tidak ada yang sulit jika ada kemauan. Kemampuan bisa melalui belajar dan berani mencoba. Hasil karya kami sudah banyak terjual melalui pesanan dari beberapa keluarga dekat dan sekitarnya. Kami pernah pula mengikuti pameran, untuk menambah pengalaman dan bertukar ide, gagasan dengan kader PKK dari desa lain yang sama-sama berkreasi dengan memanfaatkan limbah atau barang bekas lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Pemdes Ragawacana terus memberikan dukungan kepada kader PKK desa, baik dukungan secara moril maupun materil, agar PKK Desa Ragawacana bisa terus mengembangkan karyanya. "Dukungan dari pemdes sangat terasa untuk kemajuan kami, bisa seperti sekarang ini berkat adanya kerjasama dan kekompakan serta partisifasi aktif dari berbagai pihak. Namun kami belum merasa puas dengan apa yang telah kami hasilkan, karena masih ada keinginan untuk terus berkreasi dan menghasilkan karya lainya," pungkas Karwiti. (MC Kuningan)