Indonesian English

Lomba Cipta Menu, Upaya Kenalkan Pangan Lokal

Kuningan,- Salah satu cara memperkenalkan dan menyosialisasikan panganan lokal kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Rabu (18/7/2018) menggelar Lomba Cipta Menu tingkat Kabupaten Kuningan yang digelar di Taman Pandapa Paramarta komplek Stadion Mashud Wisnu Saputra.

Acara yang bertema ‘Lomba Cipta Menu Yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman Berbasis SDM Lokal Akan Menghasilkan Generasi Cerdas dan Berkualitas’ itu, digelar dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan dengan prinsip B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman)  sekaligus diharapkan berdampak pada peningkatan potensi komoditas lokal.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kuningan, DR. Ukas Suharfaputra, mengatakan, tersisihnya pangan lokal oleh produk interlokal harus segera diantisipasi. Jika tidak, produk lokal pangan asli Kuningan secara perlahan akan tergeser.

“Mari kita mengonsumsi kembali pangan lokal untuk kesejahteraan kita bersama sebagai masyarakat Kabupaten Kuningan,” ajaknya.

Sementara Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada, saat memberikan sambutan, ia mengapresiasi acara yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kuningan tersebut. Desem (red_panggilan akrab Wakil Bupati) berharap, melalui Lomba Cipta Menu, mampu meningkatkan ketahanan pangan lokal di Kabupaten Kuningan dengan mengedukasi masyarakat yang datang, sehingga masyarakat tergerak untuk lebih mendayagunakan potensi pangan lokal sebagai makanan olahan dan menu seimbang dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya nyata dalam rangka mendorong masyarakat untuk mengenal, mengolah dan mengkonsumsi sumber-sumber pangan lokal Kuningan dengan tetap berpedoman pada keseimbangan gizi agar tercipta masyarakat Kuningan yang sehat, aktif dan produktif,” tuturnya.

Lomba yang diikuti TP PKK Kecmatan se-Kabuoaten Kuningan itu, turut dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provins Jawa Barat, Kepala Badan Diklat Sumber Daya Manusia Jawa Barat, Para Kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan, Para Camat Se-Kabupaten Kuningan, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Kepala UPTD Se-Kaputen Kuningan, dan sejumlah undangan lainnya. (MC Kuningan)