Indonesian English

Membangun Smart City Dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi

Cilimus,- Berbicara mengenai teknologi terdepan dimasa sekarang ini, perkembangannya sudah sangat pesat. Dapat kita temukan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam berbagai bidang, baik itu untuk pengelolaan, pemantauan, hingga manajemen. Oleh karena itulah manfaat dari penggunaan TIK sangatlah dibutuhkan, guna menunjang aktivitas manusia saat ini. Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat inilah yang menjadi dasar pemanfaatannya digunakan di era sekarang ini.

Maka dari itu, tercetuslah pembangunan Smart City atau kota pintar. Smart City sendiri berawal dari keinginan agar informasi, tata pengelolaan kota, dan manajemen dapat terealisasikan dengan baik kepada pihak-pihak yang tepat dalam kaitannya adalah instansi terkait.

Penerapan Smart City saat ini tengah populer, bahkan tengah giat dilakukan diberbagai Kabupaten/Kota di Indonesia, tidak terkecuali Kabupaten Kuningan. Langkah yang sedang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kuningan saat ini, ialah dengan menyusun berbagai kebijakan pembangunan infrastruktur TIK. Karena tanpa infrastruktur TIK, mustahil Smart City dapat terwujud.

"Langkah pembangunan infrastruktur TIK, merupakan langkah strategis untuk keberhasilan pelaksanaan program pembangunan dibidang teknologi informasi dan komunikasi dalam menuju Smart City," demikian diungkapkan Sekda Kab.Kuningan, Drs.H.Dadang Supardan, M.Si saat menghadiri acara Sosialisasi "Kuningan Menuju Smart City Melalui Kebijakan Infrastruktur TIK" dan Penyerahan SKRD Pengendalian Menara Telekomunikasi, yang digelar Diskominfo Kabupaten Kuningan di aula rapat Prima Resort Kuningan, belum lama ini.

Pembangunan Infrastruktur TIK menurut Dadang, memiliki dampak positif bagi peningkatan kualitas intelektual, baik bagi masyarakat maupun bagi pemerintah daerah dalam memberikan pelayan kepada masyarakat. "Selain modal utama dalam mewujudkan Smart City, pembangunan TIK juga diharapkan akan mendorong pihak swasta untuk berinvestasi dibidang komunikasi," ucapnya.

Selanjutnya Sekda berpesan, dalam membangun infrastruktur TIK, harus mengacu pada aturan tata ruang yang ada. "Perlu adanya upaya dari  pemerintah agar pembangunan infrastruktur dibidang TIK sesuai dengan tata ruang yang ada, sehingga Kabupaten Kuningan menjadi kota yang tertata rapi, bersih dari bentangan kabel udara," pungkasnya.(MC Kuningan)