Mengenal Lebih Dekat Desa Gunungsari

Cimahi, Info Kuningan- Desa Gunungsari adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Cimahi, Kabupaten Kuningan. Sebelum menjadi desa Gunungsari, awalnya disebut kampung Bandasari. Secara umum Desa Gunungsari terletak pada ketinggian 15 - 350 dari permukaan air laut dengan kontur permukaan tanah 30% datar, 30 % berbukit dan 40% berupa lereng. Suhu rata - rata harian mencapai 30 s/d 40 derajat celcius.

Kelembaban udara mencapai 10 - 37 derajat celcius dengan curah hujan rata - rata 1500 - 2000 mm/ tahun. Sedangkan jarak orbitrasi jarak ke Ibu kota Kecamatan 3 Km, jarak ke ibu Kota Kabupaten 35 Km.Desa Gunungsari sebelah barat berbatasan dengan Desa Cimahi, sebelah timur dengan Desa Cimulya, sebelah selatan dengan Desa Margamukti dan sebelah uatar berbatsan dengan Desa Tonjong, Kecamatan Pasaleman Cirebon.

Kepala Desa Gunungsari Warto kepada Info Kuningan diruang kerjanya, jum,at (15/3/2019) menuturkan," Desa Gunungsari terdiri dari 3 Dusun, 3 RW, 15 RT dengan jumlah penduduk 2.552 jiwa yang terdiri dari laki - laki 1293 jiwa dan perempuan 1259 jiwa dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 868 (KK),  luas wilayah 1.110.505 Ha,".

Untuk sarana  kesehatan masyarakat tersedia Puskesmas, Pustu dan Poskesdes, untuk sarana pendidikan tersedia  PAUD, TPA, SD dan SMPN. Selain itu, sarana dan prasarana seperti kantor desa sudah berlantai 2 , mesjid dan lainnya sudah termasuk bagus dan lengkap,termasuk akses jalan. Mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dan buruh, selain PNS, pedagang, karyawan swasta dan lain - lain.

Masih menurut Warto, saat ini pelayan kepada masyarakat semakin baik ,seiring dengan meningkatnya kompetensi perangkat desa yang berjumlah 11 orang, setelah melalui pelatihan baik yang dilaksanakan pemdes maupun instansi terkait. Meraka bisa bekerja secara maksimal sesuai dengan tupoksinya masing - masing, untuk prestasi sudah banyak yang kami raih dari berbagai lomba dan tingkatan.

Namun kami tidak akan berpuas diri, karena tantangan kedepan semakin berat dan pelayanan yang baik demi kepuasan masyarakat merupakan bagian terpenting untuk kami wujudkan. Oleh karena itu, kerjasama dengan seluruh pihak, termasuk  elemen dan masyarakat secara keseluruhan akan terus kami lakukan dan tingkatkan dengan tetap menjalin silaturahmi dan kekeluargaan, pungkas Kades yang pada bulan Desember 2019 akan berakhir untuk periode yang ke 2. (MC Kuningan)