Pembangunan di Desa Cikahuripan Sentuh Berbagai Sektor

Maleber, Info Kuningan

Dalam rangka memperlancar arus lalulintas dan meningkatkan perekonomian masyarakat, pemdes Cikahuripan, Kecamatan Maleber, sejak beberapa waktu lalu sedang giat membangun jembatan Cipinang yang berlokasi di RT.06/01 Dusun I dengan ukuran 8 X 1.5 meter, sekaligus pembangunan TPT dengan ukuran 60 X 3,5 meter.

Jembatan yang diidam-idamkan masyarakat sejak lama tersebut, pada tahun 2019 ini akan segera terealisasi dengan kondisi representatif. Sehingga keberadaannya nanti akan sangat berdampak positif bagi masyarakat sekitar pada berbagai sektor pembangunan lainnya, selain itu akan dapat dirasakan kemudahan-kemudahan jika akan bepergian dengan berjalan kaki maupun berkendaraan roda 2.

Jembatan dan TPT yang dibangun secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat tersebut, dibiayai dari bantuan Infrastruktur Provinsi sebesar Rp. 105.888.000 dan dana pendampingan sebesar Rp. 34,747.000, ditambah swadaya masyarakat sekitar berupa tenaga dan konsumsi.

Kades Cikahuripan Caswadi, SAP dilokasi kegiatan menjelaskan, dengan dibangunnya jembatan Cipinang, masyarakat sekitar menyambut antusias. Karena mereka akan lebih aman dan nyaman apabila mengunjungi sanak saudaranya, dan tidak harus turun menyebrang kali. Selain tidak harus berputar, dengan jarak tempuh yang lebih cepat dan dekat.

“Terus lahan sekitar juga kedepan, jika akan dijadikan pemukiman masyarakat tidak akan kesulitan untuk mengangkut matrial bangunan. Hal lain yang diharapkan, mudah-mudahan akan mampu meningkatkan nilai jual lahan sekitar dan memperlancar aktifitas masyarakat dan dapat mendongkrak perekonomian secara keseluruhan,” ungkap Caswadi.

Selain itu dikatakan Caswadi, pihaknya juga membangun beberapa infrastruktur termasuk pemberdayaan dan lainnya yang tidak kalah penting dan menjadi prioritas.

“Kami bersama lembaga dan elemen berkomitmen untuk membangun seluruh sarana dan prasarana yang benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat banyak, karena pada hakekatnya pembangunan yang dilaksanakan adalah untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama,” pungkasnya. (infokuningan)