Pemdes Bojong Berikan Santunan Untuk Lansia

Kramatmulya,- Sebanyak 40 orang lanjut usia (Lansia) menerima santunan dari Pemerintah Desa Bojong, Kecamatan Kramatmulya, Rabu (18/12/2019) bertempat di ruang rapat Balai Desa setempat. Santunan berupa uang tunai dan paket sembako tersebut, diberikan langsung oleh Kepala Desa Bojong, Adnan, dihadiri sejumlah perangkat dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Adnan, mengatakan, pemberian santunan tersebut merupakan salah satu program Pemdes Bojong sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang sudah lanjut usia guna peningkatan kesejahteraan.

"Selain merupakan program Pemdes Bojong, pemberian santunan ini merupakan ajang silaturahim antara kami (red_Pemdes Bojong) dan bapak ibu sebagai masyarakat sekaligus orang tua kami," kata Adnan.

Dikatakan Kades bojong, pemberian santunan tersebut sebenarnya masih kurang karena keterbatasan kemampuan Pemdes. Meski demikian ia berharap, santunan tersebut dapat membantu meringankan beban pengeluaran biaya untuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi lansia, selain sebagai bentuk menghormati dan memulyakan orang tua.

"Untuk kata santunan sebenarnya kurang pas, karena santunan itu nilainya harus besar, kalau ini mungkin lebih tepatnya kadeudeuh, dari kami kepada orang tua kami. Selain itu, untuk sementara kami baru bisa memberikannya kepada 40 orang, bukan berarti tidak adil, tapi karena keterbatasan kami. Insya Allah taun berikutnya bisa bertambah jumlah penerimanya dan jumlah yang diberikannya," tuturnya.

Selanjutnya, Adnan, juga mengajak kepada hadirin untuk bersama-sama ikut berperan aktif dalam seluruh program kegiatan Pemdes, baik dengan sumbangsih tenaga dan pikiran.

"Meskipun bapak/ibu sudah lanjut usia, bukan berarti bapak/ibu tidak bisa ikut berpartisifasi dalam pembangunan di desa kita ini. Kalau secara tenaga mungkin sudah tidak mampu karena usia, mungkin dengan pikiran masih bisa, dengan memberikan ide-ide atau bersama-sama mengawasi setiap program yang kami laksanakan," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diisi dengan tausiyah oleh Ustadz HM. Syarifuddin salah satu tokoh agama desa setempat. Dalam tausiyahnya, Ustadz Syarif (red_panggilan akrab Ust HM.Syarifuddin) menyampaikan pentingnya kerjasama antara pemerintah, ulama dan masyarakat dalam membangun sebuah desa. (info kuningan)