Pemdes Nangka Bangun Drainase Sepanjang 700 Meter.

Kadugede, Info Kuningan

Jalan poros Desa Nangka, Kecamatan Kadugede, tepatnya disekitar pemukiman masyarakat, kini kondisnya semakin tertata. Hal itu, dikarenakan jalan tersebut sepanjang 700 meter dilengkapi dengan drainase yang dipasangi besi. Kedepan tidak akan adalagi genangan limbah rumah tangga, karena tidak lancarnya air yang mengalir.

Pembangunan drainase yang dilaksanakan, selain dapat mengatasi debit air yang lebih besar saat musim penghujan tiba, juga mampu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan indah. Sehingga kedepan tidak akan ada lagi kekhawatiran dan luapan air yang tidap dapat tertampung, karena sempitnya drainase.

“Pembangunan drainase dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat. Kami memberikan peluang kerja bagi siapa saja yang berminat. Masyarakat sangat antusias dan menyambut gembira, demi perataan kami lakukan secara bergiliran agar semuanya bisa berpartisifasi dan merasakan progran yang kami laksanakan,” ujar Pjs Kades Nangka Anda Karda didampingi Sekdes Dani Ariyanto, S,Pd.

Dikatakan Anda, mengenai anggaran yang digunakan, berasal dari Dana Desa dan bantuan Infrastruktur Provinsi tahun 2019, sebesar Rp. 155.388.000. Proses pengerjaan dilaksanakan sejak 4 agustus 2019 lalu.

“Mudah-mudahan bisa segera rampung sesuai rencana. Harapan kedepan, masyarakat yang berada disepanjang drainase dapat menjaganya dengan baik, agar manfaatnya dapat dirasakan maksimal,” tuturnya.

Menurutnya, pemeliharaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di Desa Nangka bukan saja drainase, melainkan seluruh infrastruktur yang ada, baik jalan poros desa, jalan lingkungan, sarana pendidikan, olahraga, keagamaan dan lain-lain.

“Kalau tidak kita siapa lagi, kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi. Karena semuanya milik kita bersama demi kemajuan dan kesejahteraan,” pungkasnya. (infokuningan)