Indonesian English

Pemdes Padarek Bangun Poskesdes dan Polindes

Kuningan,- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sejak beberapa waktu lalu pemdes Padarek, Kecamatan Kuningan, sedang giat melaksanakan pembangunan gedung Poskedes dan Polindes yang berlokasi di RT/RW. 01/01 dusun Manis. Pelaksanaan pengerjaan dilakukan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat.

Gedung tersebut berukuran 10 X 7 meter, dengan alokasi anggaran sebesar Rp. 147.482.400,- yang berasal dari Dana Desa tahun 2018. Sesuai dengan rencana, pembangunan akan rampung selama 35 hari kerja. Beberapa ruangan yang dibutuhkan meliputi, ruang pemeriksaan pasien dan pendukung lainnya. Dalam waktu dekat keberadaan sarana kesehatan tersebut akan segera terwujud.

"Infrastruktur kesehatan masyarakat yang representatif, aman dan nyaman merupakan kebutuhan masyarakat yang penting. Untuk itu, kami prioritaskan pembangunannya. Karena kesehatan masyarakat akan meningkat, apabila ditunjang dengan sarana dan prasarana yang baik,” kata Kades Padarek, Yoyo Supriadiningrat melalui Kasi Ekbang, Ofik Nurefik dilokasi kegiatan, Rabu (7/11/2018)

Selain itu, dikatakan Ofik, Keberadaan Poskesdes dan Polindes akan menjadi pusat kesehatan masyarakat desa. Sehingga masyarakat akan semakin mudah untuk berobat dan memeriksakan kesehatannya. Selain itu, masyarakat dari berbagai tingkatan usia mulai dari balita, anak-anak, ibu hamil dan menyususi hingga lanjut usia, perkembangan kesehatannnya akan tetap terpantau.

Ofik berharap, setelah dibangunnya Poskesdes dan Polindes, fungsi dan manfaatnya dapat dimaksimalkan. Dengan demikian masyarakat Desa Padarek kedepan, tidak ada alasan lagi untuk tidak memeriksakan setiap ada gejala atau gangguan kesehatan yang dirasakan. Kesehatan adalah kenikmatan yang harus dijaga, upaya menuju kearah itu harus kita lakukan.

“Lingkungan yang bersih serta yang lainnya, juga dapat menjadi bagian penting dalam menunjang kesehatan. Mari bersama - sama menjaga dan memelihara lingkungan di sekeliling kita, demi kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Karena itu merupakan tanggungjawab dan tugas kita bersama,” pungkasnya. (mc kuningan)