Pemdes Pajambon Resmikan Gedung Polindes dan Perpustakaan

Kramatmulya, Info Kuningan- Pemdes Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, selesai melaksanakan kegiatan pembangunan gedung polindes dan perpustakaan yang berdampingan. Kedua gedung tersebut berlokasi di RT.08/04 Dusun Wage, yang bersebelahan dengan Sekolah Dasar setempat. Masing - masing gedung berukuran 10 X 6 meter dan 7 X 6 meter.

Anggaran untuk polindes sebesar Rp. 180 juta dan perpustakaan sebesar Rp. 122 juta berasal dari Dana Desa tahun 2018, pengerjaan dilakukan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat. Bangunan keduanya sudah  rampung dan diresmikan pada hari rabu (13/3/2019) oleh Kades Pajambon Dra, Nani Ariningsih.

"Kedua gedung yang dibangun merupakan sarana yang sangat penting, dalam rangka menunjang masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan sarana serta prasarana yang representatif. Sedangkan perpustakaan untuk mendorong minat baca masyarakat,mudah - mudahan keduanya bisa dimaksimalkan,"ujarnya seusai peresmian.

Kami berharap masyarakat desa Pajambon dapat memeriksakan setiap perkembangan kesehatannya ke polindes, termasuk konsultasi seputar kesehatan dan keluhan - keluhan yang dirasakan dan mengganggu kesehatan tubuh lainya. Karena polindes yang dibangun, selain jaraknya semakin dekat dengan masyarakat, akan mempercepat dan mempermudah dalam mengontrol kesehatan.

Selain itu juga tetap menjaga pola hidup yang sehat dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena satu sampah yang dibuang sembarangan akan berdampak besar dan mengakibatkan bencana, semua itu akan kembali kepada kita. Jadi kebersihan merupakan bagian penting dalam kehidupan kita sehari - hari.

Nani menambahkan, sedangkan untuk perpustakaan, kami mengharapkan masyarakat desa Pajambon akan lebih bersemangat untuk membaca buku - buku yang ada nanti, selain akan bertambah ilmu dan wawasan juga dengan membaca kita akan menjadi lebih pintar, buku merupakan sumber informasi yang bermanfaat untuk kehidupan kita kedepan.

Acara peresmian ditandai dengan doa bersama dan syukuran yang disaksikan seluruh elemen masyarakat BPD, LPM, Karang Taruna. Tokoh Masyarakat, Kades PKK serta sejumlah undangan lainnya. Walaupun berlangsung sederhana, namun karena bertepatan dengan kegiatan keposyanduan yang rutin dilaksanakan tiap bulan, untuk pertama kalinya sejumlah petugas dari  Puskesmas Kramatmulya mempergunakan gedung tersebut. (MC Kuningan)