Pemdes Pakembangan Bangun Posyandu “Nusa Indah”

Garawangi,- Info Kuningan Dalam rangka memenuhi sarana kesehatan, terutama untuk melaksanakan kegiatan keposyanduan, pemdes Pakembangan, Kecamatan Garawangi, sampai saat ini sedang giat membangun gedung posyandu "Nusa Indah" yang berlokasi di RT.03 RW.01 desa setempat. Pembangunan gedung posyandu tersebut, berukuran 8X4 meter, terdiri dari ruang pemeriksaan, penimbangan, arsip dan toilet.

Pelaksanaan pengerjaan dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat, yang dimulai sejak 11 November 2019. Sedangkan anggaran yang dipergunakan berasal dari alokasi Dana Desa dan Infrastruktur Provinsi tahun 2019, masing masing berjumlah Rp. 35 juta dan Rp. 107 juta. Kegiatan diprediksi akan selesai pada akhir bulan tahun ini.

Kepala Desa Pakembangan, Oco Sudarso, melalui Kasi Ekbang, Rumsadi diruang kerjanya belum lama ini mengatakan, pembangunan gedung posyandu merupakan kebutuhan mendesak dan menjadi program prioritas yang harus segera direalisasikan. Karena selama ini kegiatan keposyanduan seperti penimbangan, pemberian makanan tambahan untuk balita dan pemeriksaan ibu hamil serta menyusui dilaksanakan di gedung serbaguna.

Menurut Rumsadi, dengan menggunakan gedung serbaguna, tentu ada keterbatasan dari berbagai segi pelayanan, terutama ruangan sebagai sarana pendukung kegiatan. dikatakannya, kedepan setelah adanya gedung posyandu “Nusa Indah” aktifitas keposyaduan bisa semakin dimaksimalkan, sehingga Bidan desa dan para kader akan lebih bersemangat dalam menjalankan tugasnya.

"Kami pemdes baru memiliki 1 unit gedung posyandu yang sedang dibangun. Mudah-mudahan sesuai rencana dalam waktu dekat satu gedung posyandu lagi akan segera dibangun. Hal itu dilakukan karena tuntutan kebutuhan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus mempersiapkan generasi penerus yang sehat dan bisa tumbuh serta berkembang dengan baik," tuturnya.

Rumsadi berharap, kedepan apa yang telah dibangun baik sarana maupun prasarananya dapat dijaga dan dipelihara dengan baik. Selain itu dapat dimanfaatkan secara maksimal, sehingga masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan dapat terlayani dengan baik dan merasakan langsung dari seluruh program pembangunan. (info kuningan)