Pemdes Sidamulya Bangun 3 Kios Desa

Jalaksana,-  Pemdes Sidamulya, Kecamatan Jalaksana, sejak akhir bulan November 2019 lalu sampai dengan saat ini, sedang membangun kios desa sebanyak 3 unit yang berlokasi di RT.1 RW.1 Dusun I, tepatnya berada di depan SDN setempat. Lokasi tersebut sangat strategis, karena berada dipinggir jalan poros desa yang banyak dilalui kendaraan roda 2 maupun 4.

Kios desa yang sedang dibangun berukuran 4X3 meter, pengerjaan dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat. Anggaran untuk pembangunannya berasal dari Dana Desa tahun 2019 sebesar Rp. 116 juta, dengan target pengerjaan selama 30 hari kalender.

“Pembangunan kios desa sudah direncakan jauh-jauh hari sebelumya, karena kami dan lembaga sepakat dan memiliki keinginan yang sama untuk dapat menambah pendapatan asli desa dari sewa kios ,sedangkan untuk penyewa akan kami prioritaskan masyarakat setempat,” Ujar Kades melalui Kasi Ekbang, Maman Rukmana.

Selain itu dikatakan Kasi Ekbang, dengan dibangunnya kios desa akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat secara bertahap. Sehingga kedepan perniagaan di desa Sidamulya semakin maju dan pesat. Seiring dengan sedang dibangunnya kios desa dapat menumbuh kembangkan sektor-sektor lainnya, tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan menambah pembangunan kios berikutnya jika 3 kios yang sedang dibangun masih kurang dan peminat masih banyak.

"Kami berharap masyarakat akan lebih mudah baik untuk berusaha dibidang perniagaan, maupun untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Masyarakat sangat menginginkan tempat untuk aktifitas jual beli yang terjangkau dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, pembangunan kios desa menjadi jawaban yang dapat bermanfaat bagi semua pihak," pungkasnya. (info kuningan)