Indonesian English

Pemdes Sidamulya Laksanakan Penetrasi jalan Lingkungan

Jalaksana,- Untuk memperlancar arus lalul lintas dan meningkatkan roda perekonomian, masyarakat desa Sidamulya, Kecamatam Jalaksana, sejak beberapa waktu  telah selesai melaksanakan penetrasi jalan lingkungan sepanjang 380 x 3 meter yang berlokasi di blok Kebon Poek Dusun I dengan anggaran sebesar Rp. 194.400.000, berasal dari Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2018 dan di tambah dari swadaya masyarakat berupa tenaga dan konsumsi.

Pembangunan yang merupakan program prioritas desa itu, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan demi terwujudnya sarana transportasi yang aman dan nyaman. Diharapkan dengan telah selesainya jalan tersebut yang bisa dilalui kendaraan roda 2 dan 4 itu, bisa memperlancar aktifitas masyarakat dalam mengangkut berbagai kebutuhan, termasuk hasil pertanian.

Kades Sidamulya, Sukendi, didampingi Kasi Ekbang, Maman Rukmana, menjelaskan, jalan merupakan kebutuhan penting masyarakat dan memiliki keterkaitan dengan berbagai sektor kehidupan. Untuk itu, pihaknya terus berupaya agar seluruh jalan baik poros desa maupun lingkungan termasuk gang, selain aman dan nyaman untuk dilalui juga kondisinya harus bagus.

“Kemudahan-kemudahan lain bisa didapat, manakala jalan sebagai penghubung sudah terpenuhi. Jalan juga bisa dijadikan barometer sebagai keberhasilan pembangunan fisik, bahkan bukan rahasia lagi dengan jalan lebar dan bagus akan mampu menaikan harga jual tanah yang berada disekelilingnya. Kami juga berpikir kearah sana dan masyarakar mendukung,” tutur Sukendi.

Dikatakan Sukendi, kedepan pemeliharaan dan pemanfaatan yang harus dimaksimalkan, terutama bila ada air yang meluap dan tergenang di jalan untuk segera dikeringkan, karena genangan air akan menyebabkan jalan cepat rusak, selain akan mengikis tanah yang ada disekitarnya.

“Seluruh infrastruktur yang ada di Desa Sidamulya adalah milik bersama, untuk kepentingan bersama. Menjaga dan memeliharanya juga harus bersama-sama, jangan sampai saling mengandalkan satu sama lain. Mudah-mudahan seluruh sarana dan prasarana mampu meningkatkan kesejahteraan bersama,” tandasnya. (MC Kuningan)