Indonesian English

Pemdes Sidamulya Masih Prioritaskan Infrastruktur

Jalaksana, Info Kuningan

Infrastruktur di Desa Sidamulya, Kecamatan Jalaksana, dari waktu ke waktu terus dibangun dan diperbaiki. Termasuk didalamnya sarana irigasi, transportasi, pendidikan dan penunjang lainnya, untuk memperlancar dan meningkatkan aktifitas masyarakat.  Sarana tersebut, merupakan prioritas yang sudah direncanakan sebelumnya.

Beberapa yang sedang dan sudah selesai dilaksanakan pada tahun anggaran 2018, diantaranya pembangunan saluran irigasi di kanan dan kiri jalan yang berlokasi di blok Pakuwon atau Titisara sepanjang 400 meter, dengan anggaran pembangunan sebesar Rp. 100 juta, berasal dari bantuan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, pembangunan hotmik gang sepanjang 1,2 X 1500 meter, pemasangan kanopi di halaman PAUD, pembangunan gudang balai dusun sekaligus pembuatan toilet. Keseluruhan kegiatan pembangunan dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat.

"Kami dari pemdes terus berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarana, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan anggaran yang tersedia. Terutama yang menyentuh kepentingan masyarakat banyak, dan dapat dirasakan manfaatnya. Sekaligus dapat mendongkrak perekonomian dan mensejahterakan masyarakat," kata Kades Sidamulya Sukendi melalui Kasi Ekbang, Maman Rukmana, diruang kerjanya baru baru ini.

Lebih lanjut Maman mengemukakan, jika berbagai sarana fisik infrastruktur sudah lengkap, maka pembangunan akan menyentuh sektor non fisik. Karena menurutnya,  semua program pembangunan bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat, pihaknya hanya sekedar melaksanakan tugas untuk merealisasikannya, setelah melalui proses musyawarah yang telah disetujui berbagai pihak.

“Peran aktif masyarakat sangat kami butuhkan untuk kelancaran berbagai program. Kami tidak akan bisa bekerja secara maksimal tanpa dukungan seluruh elemen masyarakat. Untuk itu, kemajuan desa di berbagai sektor pembangunan merupakan tugas dan tanggungjawab bersama,” pungkasnya. (MC Kuningan)