Indonesian English

Pemdes Sukamulya Bangun Jembatan Menuju Pemakaman Umum

Garawangi,- Untuk memperlancar arus lalulintas dari dan menuju pemakaman umum di desa Sukamulya,Kecamatan Garawangi, sejak beberapa hari lalu sedang giat melaksanakan pembangunan jembatan dengan ukuran 8 X 3 meter, berlokasi di dusun Kliwon RT. 06/03. Jembatan sebelumnya dibangun pada tahun 1986, walaupun masih terlihat kokoh namun  tidak bisa dilalui kendaraan roda 4, karena lebarnya hanya berukuran 2 meter.

Hal itu, tentu bisa menghambat aktifitas masyarakat jika akan melewati jembatan tersebut. Proses pengerjaan dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat, anggaran yang dipergunakan sebesar Rp. 50 juta berasal dari Dana Desa tahun 2018, ditambah swadaya berupa konsumsi dan tenaga. Kegiatan pengerjaan diprediksi akan berlangsung selama 21 hari kalender.

“Kami akan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur masyarakat. Apalagi jembatan ini sangat penting untuk mendukung  kegiatan masyarakat banyak. Jadi kedepan akan lebih mudah, aman dan nyaman jika menuju pemakaman umum dan sekitarnya,” ungkap Kades Sukamulya Arief Syariffudin melalui Kasi Ekbang Nuril Cholis di lokasi kegiatan senin (12/11/2018)

Sedangkan dengan dibangunnya jembatan yang lebih lebar, roda 4 akan lebih leluasa saat melewati lokasi tersebut. Kedepan akses jalan juga akan dilalui kendaraan sampah, karena dilokasi yang berdekatan akan dibangun tempat pembuangan sampah sementara. Jadi hal itu dilakukan untuk  mendukung program berkelanjutan lainnya.

Diungkapkan pula, jembatan sebelumnya walaupun bisa dilalui kendaraan roda 4 ukuran kecil, namun kondisinya mengkhawatirkan. Karena awalnya hanya diperuntukan untuk dilewati kendaraan roda 2 dan pejalan kaki, sedangkan perkembangan dan tuntutan masyarakat terus meningkat.Pembangunan dan sekaligus pelebaran merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus segera dilakukan. (mc kuningan)