Indonesian English

PKTJ Kota Tegal Sosialisasikan Keselamatan Transportasi Jalan Kepada Guru-Guru TK Di Kuningan

Kuningan, - Kementeran Perhubungan melalui Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Kota Tegal menyelenggarakan sosialisasi dihadapan para guru TK di Kabupaten Kuningan, Rabu-Kamis (31/10-01/11/2018) bertempat di Gedung Wanita Jl. Soekarno-Hatta Kuningan.

Ketua Penyelenngara, Rukman, yang sekaligus dosen PKTJ mengatakan, tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan ini adalah agar para guru TK betul-betul memahami akan pentingnya keselamatan transportasi jalan, yang selanjutnya ditularkan ilmunya kepada para anak-anak didiknya agar bisa mengerti.

Menurutnya, usia kanak-kanak sangat penting menguasai hal ini, karena pengendara di Indonesia terutama di usia muda, selalu ingin saling nendahului hingga faktor keselamatan jadi terabaikan.

“Berdasarkan data dari PBB pada usia 15 sampai 30 tahun, merupakan faktor yang rentan terhadap kecelakaan transportasi jalan,” katanya.

Acara dilanjutkan peragaan marka jalan dan tanda-tanda lalulintas, seperti tanda hati-hati, mengurangi kecepatan, awas ada tikungan, awas ada tanjakan, awas ada pudunan, lampu stopan dan lain.

Sementara Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH yang diwakili Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan DR. Deni Hamdani, M.Si mengungkapkan, masalah keselamatan transportasi jalan adalah tanggungjawab kita semua, tidak hanya pengguna jalan sendiri, pemerintah, petugas Dishub atau Kepolisian saja.

“Maka dari itu kegatan ini sangat pentig diadakan terutama kepada guru-guru TK yang selanjutnya untuk diajarkan kepada anak-anak didiknya, karena mendidik anak-anak usia dini adalah peluang emas bagi kita, apa yang kita ajarkan kepada mereka akan membekas selamanya. Apa lagi kita berikan contoh yang baik-baik dalam soal berlalulintas yang benar, anak akan selamanya mengingat contoh-contoh itu,” tuturnya.

Dikatakan Kadishub Kab.Kuningan, data-data kecelakaan lalulintas di Kabupaten Kuningan saat ini cukup tinggi, pada tahun 2017 mencapai angka 110 ribu akses kecelakan lalulintas, artinya setip jam ada kasus kecelakaan sebanyak tiga kali yang didominasi dialami oleh pengendara usia dini. (mc kuningan)