Pokdakan ‘Mina Sabilulungan’ Desa Sindangsari Jalin Kemitraan dengan Masyarakat

Sindangagung, Info Kuningan

Perikanan, merupakan salah satu subsektor pertanian yang memiliki peran penting sebagai penggerak kemajuan perekonomian nasional di Indonesia. Subsektor perikanan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal itu dibuktikan oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) ‘Mina Sabilulungan’ Desa Sindangsari, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, yang terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu.

Hingga saat ini, Pokdakan Mina Sabilulungan telah mampu mengembangkan pembudidayaan jenis ikan Nila, Gureme, dan Mujair dari mulai pembibitan hingga layak jual meskipun dengan fasilitas seadanya, baik kolam maupun sarana pendukung lainnya.

Tujuan utama Pokdakan Mina Sabilulunga adalah meningkatkan perekonomian masyarakat melalui hasil perikanan. Hal tersebut dibuktikan dengan dilakukannya kemitraan dengan masyarakat melalui pemberian bantuan bibit ikan Nila dan Gurame kepada perwakilan warga dari masing-masing dusun di desa Sindangsari, di lokasi Pokdakan setempat, Jum'at (4/10/2019)

Dalam kesempatan tersebut, dihadiri Kepala Desa Sindangsari, M.Taupik Abdullah, didampingi Sekdes Adang Sobandi, ST beserta jajaran Pemdes Sindangsari, penyuluh perikanan pusat dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua Pokdakan, Nana Juhana mengatakan, keberadaan Pokdakan Mina Sabilulungan, selain sebagai wadah bagi masyarakat yeng gemar dan memilki keterampilan dalam pembudidayaan ikan, juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dalam hal perekonmian masyarakat di desa Sindangsari.

“Pemberian bantuan bibit ikan Nila dan Gurami yang masing-masing sebanyak seribu ekor ini, diharapkan menjadi titik awal peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena dengan membudidayakan ikan, tentu masyarakat akan punya penghasilan tambahan,” katanya.

Selain melakukan kemitraan dengan masyarakat, Nana menuturkan, kedapan Pokdakan Mina Sabilulungan akan membuka industri rumahan dan menjadikan lokasi Pokdakan sebagai destinasi wisata.

Sementara Kades Sindangsari, M.Taupik Abdullah mengapresiasi berbagai kegiatan dan program-program yang telah dilakukan oleh Pokdakan Mina Sabilulungan, dari mulai dibentuk pada tahun 2006 hingga saat ini.

“Saya bangga dan mengapresiasi berbagai kegiatan dan inovasi yang telah dilakukan Pokdakan Mina Sabilulungan. Alhamdulillah dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan. Sebagai Kepala Desa saya beserta jajaran Pemdes Sindangsari akan selalu mendukung berbagai program yang sedang dan akan dilaksanakan, termasuk menjadikan lokasi kolam Pokdakan sebagai destinasi wisata dan kuliner,” tutur Kades.

Namun, menurut M.Taupik, yang menjadi kendala saat ini adalah dari segi keamanan, karena lokasi kolam yang berada di pinggir jalan dan belum adanya pemagaran.

“Saya berharap Pemkab Kuningan melalui dinas terkait dapat memberikan bantuan pemagaran untuk Pokdakan Mina Sabilulungan demi keamanan lokasi pembudidayaan. Karena lokasi kolam yang berada dipinggir jalan, tentu dari segi keamanan sangat rawan,” pungkasnya. (infokuningan)