SMP Negeri 1 Cibeureum Meraih Banyak Prestasi Akademik

Cibeureum, Info Kuningan

SMP Negeri 1 Cibeureum ynag beralamat di jalan Lapang Gagakwangi No. 132 Desa Cimara, Kecamatan Cibeureum, berdiri pada tahun 1983/1984. Seiring berjalannya waktu, sampai saat ini, mampu mencetak siswa-siswi berprestasi, baik akademik maupun ektrakulikuler.

Sebagai sekolah yang berada jauh dari kota, tentu tidak bisa dilihat hanya dengan sebelah mata. Terbukti, sejak tahun 2015 SMP Negeri 1 Cibeureum telah banyak menorehkan catatan keberhasilan dan meraih prestasi.

Tahun 2015 masuk 10 besar FLS2N tingkat Kabupaten Kuningan, Pada tahun 2016 juara 3 Lomba LTUB tingkat Kabupaten Kuningan, juara 1 dan 3 Lomba 4 PIlar yang diselenggarakan SMK 1 Luragung dan juara 2 Lomba Ceramah Islam tingkat Kabupaten Kuningan.

Selain itu, juara 1 Lomba Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Kuningan pada tahun 2017 dan juara 3 Tes Tulis wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan SMK Luragung. Tahun 2018 juara 3 Lomba Ceramah Islam tingkat Kabupaten Kuningan, juara 2 dan Harapan 1 Lomba 4 Pilar pada tahun 2019 yang diselenggarakan SMK Luragung.

“Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik dengan seluruh elemen, baik para guru yang memiliki kompetensi, staf, komite dan siswa serta para orang tua, SMPNegeri 1 Cibeureum mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Kuningan. Anak-anak didik kami tidak kalah dengan yang berada di kota,” ungkap Kepala SMP Negeri 1 Cibeureum, H. Agas Suardi,S.Pd.,MM di ruang kerjanya belum lama ini.

Dengan visi, memiliki lulusan yang berima, taqwa, terampil dan terdepan dalam prestasi dengan suasana lingkungan yang damai serta penuh kekeluargaan. Selain itu, didukung dengan beberapa misi, meningkatkan harkat derajat guru melalui peningkatan profesionalisme dalam kegiatan belajar mengajar, efektivitas dan efesiensi sarana dan anggaran untuk mencapai sasaran, pencapaian daya serap dan tingkat kurikulum yang maksimal, oftimalisasi ketenagaan untuk mencapai target profesionalisme.

Sebagai bentuk implementasi dari visi misi SMPN 1 Cibeureum, H.Agas Suardi menuturkan, dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui sahalat dzuhur berjamaah, mengindah asrikan lingkungan, halaman dan taman, mendayagunakan perpustakaan sebagai unsur penunjang utama kegiatan belajar mengajar, mengembangkan ektrakulikuler sebagai media untuk mencapai prestasi olahraga, kesenian, keterampilan, bahasa dan agama. Memantapkan sisten manajerial dan kepemimpinan (Leadership) dan menjadi sekolah unggulan/ favorit yang cukup diperhitingkan untuk tingkat Kabupaten dan Provinsi.

“Untuk menuju kearah itu, kami telah lengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti: Perpustakaan, Lab IPA, Lab Bahasa, Lab Komputer, Keterampilan dan Kesenian. Mudah-mudahan kedepan SMP Negeri 1 Cibeureum semakin maju dan mampu berbicara di tingkat yang lebih tinggi. Kami akan berupaya maksimal untuk mewujudkan itu semua,” pungkas H.Agas Suardi. (infokuningan)