Indonesian English

Tahun 2018 Infrastruktur Desa Widarasari Serap Anggaran Rp. 400 juta

Kramatmulya, Info Kuningan- Jalan sebagai sarana transportasi dan akses untuk dari dan menuju suatu tempat, merupakan prioritas pembangunan dalam menunjang aktifitas masyarakat. Karena dengan jalan yang bagus dan mulus, akan memudahkan dan mempercepat  dalam melakukan berbagai aktifitas, selain mampu mendongkrak sektor ekonomi dan berbagai sektor lainnya.

Di desa Widarasari, Kecamatan Kramatmulya, setelah membangun BUMDes, normalisasi saluran irigasi, rabat beton sepanjang 340 meter dan pengerasan sekaligus pengurugan, beberapa waktu lalu telah dilaksanakan pula rabat beton menuju kantor desa setempat sepanjang 44 X 7 meter dengan anggaran sebesar Rp. 50 juta berasal dari Dana Desa.

Pjs Kades Widarasari, Mulyadi, A.Md melalui Kasi Ekbang, Tatang Apandi menjelaskan, Seluruh kegiatan pembagunan fisik yang dilaksanakan, selalu melibatkan masyarakat setempat. Hal itu, bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat terutama yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

“Memang ada yang dilaksanakan pihak ketiga, tapi masyarakat setempat sesuai dengan kemampuannya tetap diikutsertakan dalam pekerjaan. Jadi kami tetap memprioritaskan masyarakat untuk urusan pekerjaan, kecuali untuk pekerjaan yang membutuhkan tenaga ahli. Pihak ketiga dengan pemdes sudah ada kesepakatan untuk itu,” tutur Tatang.

Dikatakan Tatang, tujuan pembangunan yang dilaksanakan di desanya, semata-mata hanya untuk kesejahteraan bersama dan masyarakat banyak. Menurutnya, dengan kegiatan yang dilaksanakan secara swakelola ada beberapa manfaat langsung yang dirasakan masyarakat, diantaranya masyarakat berperan aktif langsung sebagai pekerja sekaligus dapat menikmati hasil pembangunan tersebut.

“Untuk tahun 2018, pembangunan infrastruktur di desa Widarasari seluruhnya anggaran yang terserap sebesar Rp. 400 juta, berasal dari bantuan Dana Desa dan bantuan infrastruktur Provinsi. Anggaran sebesar itu, tersebar di 5 titik kegiatan. Kedepan masih ada yang menjadi prioritas dan terus akan kami laksanakan sesuai dengan anggaran yang tersedia sesuai dengan peruntukannya,” pungkas Tatang. (mc kuningan)