Taman Desa Ciketak, Kecamatan Kadugede, Selesai Dibangun.

Kadugede,- Dalam rangka meningkatkan K3 (Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan) sejak beberapa waktu lalu pemdes Ciketak, Kecamatan Kadugede, selesai melaksanakan pembuatan taman desa yang berlokasi dipinggir jalan menuju desa setempat.

Lokasi yang dibangun taman semula merupakan tempat pembuangan sampah masyarakat sekitar. Namun berkat adanya upaya dan inisiatif pemdes, kini sudah nampak terlihat lebih tertata dan rapih.

Selain itu, tebing yang memiliki luas 100x15 meter tersebut terlihat indah dan enak dipandang mata. Pembangunan TPT tebing sudah dilaksanakan pada tahun lalu, sedangkan untuk pembuatan taman dan penataan baru selesai dilakukan tahun ini.

"Untuk pembuatan taman kami mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 100 juta yang berasal dari Dana Desa tahun 2019. Alhamdulillah tahap pertama pencairan sudah bisa terealisasi, sehingga pelaksanaan pembuatan taman tebing sudah bisa dilakukan secara swakelola, dengan melibatkan masyarakat setempat," ujar Kades Ciketak, Parman didampingi Kasi Ekbang Mansur, Rabu (24/7/2019).

Selanjutnya Parman mengemukakan, seluruh program bisa berjalan dengan baik karena sesuai dengan perencanaan. Proses pengerjaan berlangsung selama 30 hari kalender. Namun biasanya untuk pembuatan taman bisa diluar prediksi, karena pengerjaan taman beda dengan bangunan lainnya, karena yang dikedepankan adalah unsur yang memiliki nilai seni yang identik dengan keindahan. Maka tidak heran jika proses pembangunan berjalan lebih lama dan tidak semua orang mampu mengerjakannya, dimana para pekerjapun harus yang ahli dibidangnya, agar hasilnya dapat memuaskan.

"Setelah selesai, taman desa akan mampu melengkapi sarana yang dibutuhkan untuk masyarakat yang aman dan nyaman bagi masyarakat sekitar, terutama anak-anak, karena akan menjadi sarana bermain dan tempat untuk istirahat nantinya, tuturnya.

Masih menurut Parman, taman yang berbentuk tebing dan berada dibawah jalan tersebut, untuk bawahnya direncanakan akan ditanami beberapa jenis buah-buahan dan untuk atasnya akan ditanami aneka macan bunga. Dari jalan sampai dasar taman akan terlihat jelas dan bisa langsung juga turun langsung ke sungai, karena akan dilengkapi pagar dan pengaman lainnya. (Info Kuningan)