Indonesian English

Terasering / TPT Jalan Menjelang Hotmix Desa Padarek

Kuningan, - Terasering / TPT  kiri kanan jaian sepanjang  270 meter yang berlokasi di sebelah timur lapang bola desa Padarek Kecamatan Kuningan saat ini tengah dibangun. Hal itu diungkapkan Kepala Desa, Yoyo Supria hadiningrat dalam wawancaranya, belum lama ini.

Pembangunan terasering / TPT tersebut berdasarkan RAB 2018 sebesar Rp. 81.662.200,- , anggaran sebesar itu mengambil dari Anggaran Alokasi Desa (ADD), dana itu diambil untuk membangun jalan tersebut karena sudah diprioritaskan. 

Menurut Kepala Desa, pambuatan TPT tersebut memiliki volume cukup besar yakni 270 x 0,7 x 0,20 meter dan akan memakan waktu 21 hari kerja, dengan melibatkan tukang-tukang profesional yang dibantu oleh laden.

 “Sengaja tidak kami swadayakan, karena pekerjaan ini memerlukan keuletan, keahlian dan keterampilan khusus agar hasilnya maksimal,” ungkapnya.

Masih menurut Kepala Desa, setelah TPT ini selesai akan dilanjutkan dengan proses hotmix yang diharapkan bisa dinikmati masysrakat tidak terlalu lama. Khusus untuk hotmix ini dananya tidak menggunakan ADD melainkan dari salah satu partai politik.

“TPT ini dipersiapkan menjelang pengaspalan jalan secara motmix yang akan segera dikerjakan dalam waktu dekat ini,” katanya.

Jalan yang akan dihotmix tersebut, tembus ke jalan baru Ancaran-Kedungarum, dan sebagian jalan tersebut masuk wilayah Desa Kedungarum yang berbatasan dengan Desa Padarek dan tidak berpenghuni.

Untuk jalan yang sebagian tembus ke jalan baru Ancaran-Kedungarum, proses selanjutnya akan diajukan terlebih dahulu.

“Kedepan jalan tersebut bisa tembus dihotmix ke jalan baru Ancaran-Kedungarum, meskipun yang menikmati kebanyakan sebagian besar hanya masyarakat Desa Padarek saja,” katanya. (MC Kuningan)