Indonesian English

Tingkatkan Hasil Pertanian, Pemdes Gunungkeling Bangun ‘JUT’

Cigugur,- Desa Gungkeling, Kecamatan Cigugur, yang memilki area pertanian luas dengan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, perlu ditunjang dengan infrastruktur pertanian yang memadai, salah satunya prasarana tranportasi. Selain memudahkan akses para petani, prasarana transportasi dikawasan pertanian, juga akan berdampak pada meningkatnya hasil pertanian.

Dengan lahirnya Undang-Undang tentang desa yang mendorong pemerataan pembangunan mulai dari tingkat desa, Pemerintah Desa Gunungkeling ditahun 2018 mulai membangun Jalan Usaha Tani Ciguranteng. Jalan setapak yang hanya bisa dilalui para petani dengan berjalan kaki itu, kini kondisinya tengah ditata dan dibangun Pemdes setempat.

Kepala Desa Gungkeling, Agus Alamsyah melalui Kasi Ekbang, Aliman, kepada Info Kuningan, Rabu (8/8/2018) mengatakan, pembangunan ‘JUT’ Ciguranteng direncanakan memilki ukuran panjang 300 meter dengan lebar 2,5 meter dengan sistem cor beton dengan ketebalan 12 centimeter.

Dikatakan Aliman, pembangunan ‘JUT’ yang kini sudah memasuki tahapan pembuatan drainase dan pengetapan batu tersebut,  akan menelan dana sebasar Rp. 154.239.500,- yang bersumber dari dana IP sebesar Rp.100 juta dan Dana Desa (DD) sebesar Rp. 54.239.500.

“Alhamdulillah kini kondisi pembangunannya sudah mencapai 50 persen. Setelah pengetapan/pemadatan batu selesai selanjutnya akan kita lakukan cor beton. Insya Allah pembangunan jalan ini akan selesai dalam 60 hari kerja,” tutur Aliman.

Menurutnya, pembangunan jalan usaha tani tersebut sangat dibutuhkan guna memperlancar aktivitas masyarakat dalam bertani. Sebab, jalan yang biasanya digunakan masyarakat cenderung menyulitkan, karena belum memiliki akses yang memadai. Seperti diketahui, ada sejumlah sektor komoditas pertanian yang menjadi unggulan di Desa Gungkeling, seperti padi, jagung, bawang merah dan jenis umbi-umbian lainnya.

Pembangunan jalan usaha tani sendiri diakui Aliman, merupakan program prioritas pihaknya sejak beberapa tahun lalu. Hal itu dilakukannya, untuk memberikan fasilitas mobilisasi kepada masyarakat agar mudah dilalui. Karena menurutnya, jika fasilitas pertanian minim, maka jelas akan berdampak pada hasil panen nantinya.

“Pembangunan ‘JUT’ Ciguranteng memang sudah menjadi program prioritas kami (red_Pemdes Gunungkeling), namun baru bisa terealisasi tahun ini. Mudah-mudahan dengan dibangunnnya jalan ini, hasil panen para petani bisa meningkat dan pertanian di desa kami bisa lebih berkembang,” harapnya. (MC Kuningan)