Indonesian English

Transformasi Bansos Rastra Menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Kuningan,- Program BPNT adalah peralihan dari Program Bantuan Sosial Pangan Beras Sejahtera (RASTRA) ke Bantuan Pangan Non Tunai dengan mekanisme Penyaluran dilaksanakan melalui jaringan sistem elektronik. Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  akan menerima bantuan senilai Rp. 110.000,- (seratus sepuluh ribu rupiah) / Bulan melalui kartu Kombo/e-Walet.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan, H. Uus Rusnandar, SH, M.Si didampingi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dan Penanganan Fakir Miskin Yosep Yanuar, S.Sos, pada kegiatan Program Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin (KUBE FM), di ruang kerjanya, Kamis (2/8/2018).

Bantuan tersebut tidak dapat dicairkan dalam bentuk fisik uang rupiah, tetapi dapat ditukarkan  dengan bahan pangan Beras dan Telor ke e-Warung/agen yang sudah ditentukan. Kartu Kombo/e-Walet akan dibuat dan di distribusikan kepada KPM oleh BNI Pusat melalui BNI Cabang Kuningan.

“Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program BPNT sebanyak 82.082 KK yang tersebar di 376 desa/kelurahan hasil pemutakhiran data tahun 2015,” katanya.

Data by Name by Adress Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  Program BPNT dapat diakses dalam Aplikasi SIKS-NG Kementerian Sosial RI yang aplikasinya telah di distribusikan ke 376 desa/kelurahan dalam bentuk Compact Disc (CD).

Dalam rangka implementasi verifikasi dan validasi data  dalam aplikasi SIKS-NG KPM di tingkat desa telah dilaksanakan Bimbingan Teknis Operator Desa oleh instruktur dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan.

Verifikasi dan validasi data Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) meliputi : Perbaikan dan pencocokan data / identitas masing masing KPM, Pergantian KPM karena tidak ditemukan, pindah seluruh keluarga ke kabupaten/kota lain, keluarga tunggal meninggal, data KPM ganda atau lebih pada daftar KPM dapat diganti melalui proses musdes/muskel dengan melibatkan unsur RT/RW dan pendamping BPNT, data pengganti diambil dari Data Terpadu Program Penanganan  Fakir Miskin (DT PPFM) yang dianggap layak melalui Aplikasi SIKS-NG.

Hasil verifikasi dan validasi data agar dikirim oleh operator desa ke Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan melalui email siksngkks@gmail.com paling lambat tanggal 15 setiap bulan.

Jika dalam batas waktu tanggal 15 masih terdapat Desa/Kelurahan yang belum mengirimkan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hasil verifikasi dan validasi melalui system aplikasi SIKS-NG, maka data tersebut dianggap sudah benar dan akan dilakukan finalisasi paksa oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan dan data KPM tidak akan berubah. (MC Kuningan)