Indonesian English

Unik, Warga Desa Sindangsari Gelar Tradisi 'Ngoyok Balong'

Sindangagung,- Sabtu, (7/4/2018) pagi, ratusan warga Desa Sindangsari Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan telah memenuhi kolam ikan "Balong Hilir" yang berlokasi di RT.01 RW.05 Dusun Pahing desa setempat. Kehadiran mereka untuk menangkap ikan secara bersama-sama yang sebelumnya sudah dilepas liarkan oleh pihak pemerintah desa.

"Warga disini (red_Desa Sindangsari) menyebut tradisi ini 'Ngoyok Balong'. Tradisi Ngoyok Balong ini sudah hampir punah, namun bertepatan dengan ulang tahun desa yang ke-100 tahun, kami mencoba membudayakan kembali tradisi ini. Dan Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi," ujar Kepala Desa Sindangsari, M.Taupik Abdullah kepada Info Kuningan di lokasi acara.

Selanjutnya M.Taupik menuturkan, dalam acara tradisi Noyok Balong, bukan masalah banyak atau sedikitnya warga memperoleh tangkapan ikan, namun lebih pada nilai silaturahmi antar warga yang terjalin dalam keseruan menagkap ikan.

"Kalau dulu, acara Ngoyok Balong ini digelar setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri, tapi kesininya sudah tidak lagi dilaksanakan. Untuk itu kami dari pemerintahan desa merasa perlu membudayakan kembali tradisi ini, dan Insya Allah akan kami adakan setiap tahun, mengingat nilai silaturahminya sangat baik sekaligus memperkenalkan tradisi ini kepada generasi muda," tuturnya.

Dalam acara tersebut, ratusan warga tumpah ruah turun ke kolam ikan. Tampak warga saling berebut menangkap ikan namun dalam suasana penuh canda tawa. kebanyakan warga memperoleh ikan sedikit, namun adapula yang memperoleh ikan dalam jumlah yang banyak, mengingat aturan menangkap ikan tidak diperbolehkan menggunakan jaring dan sejenisnya, hanya diperbolehkan dengan menggunakan tangan. (MC Kuningan)