Indonesian English

Bimbingan Teknis Para Pengelola Arsip Sekolah

Bimbingan teknis para pengelola arsip sekolah di lingkungan pemerintah Kabupaten kuningan yang di laksanakan pada hari selasa dan rabu (25-26 April 2017) bertempat di Gedung Wisma Permata Kuningan, yang di buka Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada ST, yang di hadiri oleh kepala Dinas kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Kuningan, para fungsional Arsiparis, dan pejabat Struktural dinas kearsipan.
 
Dalam laporannya ketua pelaksana bimbingan teknis melaporkan peserta bimbingan ada 50 orang pengelola kearsipan dan  sering terjadinya pergantian personal yang mengelola arsip di unit kerja termasuk di lingkungan sekolah dan di lingkungan pemerintah Kabupaten Kuningan sehingga memerlukan pembinaan yang terus menerus agar pengelolaan arsip bisa berkelanjuatan.
 
Wakil bupati dalam sambutanya menyampaikan lahirnya Undang-undang No43 tahun 2009 tentang kearsipan adalah berangkat dari penyelenggaraan kearsipan yang belum terpadusecra sistematik dan komprensif yang semuanya tidak terlepas dari pemahaman terhadap asip yang betbatas dan sempit dari berbagai kalangan termasuk di kalangan Pemerintahan.
 
Di harappkan dengan lahirnya Undang-undang tentang kearsipan ini akan terjadinya perubahan terhadap penyelenggaraan kearsipan untuk memberikan kepastian hukum terhadap penyelenggaraan kearsipan yang tujuan akhirnya tidak lain adalah untuk menjamin pertanggung jawaban kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
 
Mengakhiri sambutanya Wakil Bupati berharapkan selain adanya  kesamaan persepsi tentang arsip juga meningkatkan kesadaran kita semua terhadap masalah kearsipan dan mulai mengambil langkah kongkrit pembenahan managemen kearsipan di masing-masing instansi dan di harapkan di sekolah ada ruang khusus untuk Depo Arsip. (IP/Bag.Humas Setda)