Indonesian English

Bimbingan Teknis Pengadaan Barang Dan Jasa

Untuk memberikan pemahaman terkait penyusunan harga perkiraan sendiri (HPS) dan rancangan kontrak kepada pejabat pembuat komitmen, Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Kabupaten Kuningan menggelar Bimbingan Teknis HPS dan Rancangan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa, di Aula bank BJB Cabang Kuningan, Senin (2/4/2018).

Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Kabupaten Kuningan, U. Kusmana, S.Sos., M.Si., menyatakan pihaknya punya kewajiban untuk melakukan pembinaan sumber daya manusia (SDM) terkait pengadaan barang dan jasa. Selain itu meningkatkan profesioanlisme pejabat pembuat komitmen dalam merencanakan kegiatan yang berdampak pada percepatan pembangunan di Kabupaten Kuningan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas barang dan bangunan, sehingga bermanfaat bagi pengguna serta memiliki umur ekonomis yang lama,” kata U. Kusmana. Ia menambahkan, pejabat pembuat komitmen perlu meningkatkan pengetahuan dalam e-purchasing karena dengan dukungan e-katalog.

Pejabat pembuat komitmen memiliki aksebilitas yang lebih luas untuk memilih dan membeli produk-produk unggulan. Pejabat pembuat komitmen punya tugas pokok berkaitan dengan pengadaan barang/jasa pemerintah meliputi penetapan rencana pelaksanaan pengadaan barang/jasa, menetapkan spesipikasi teknis barang/jasa, menetapkan harga perkiraan sendiri (HPS) serta menyusun rencana kontrak.

Plt Bupati Kuningan Dede Sembada mengharapkan, pejabat pembuat komitmen yang telah ditunjuk agar memahami dan menguasai regulasi yang ada. Agar secara langsung memacu percepatan pelaksanaan pembangunan. “Saya berharap pejabat pembuat anggaran agar menjaga amanah dan kepercayaan pemerintah dalam melaksanakan tugas,” kata Dede Sembada. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan).