Indonesian English

Bimtek Pelayanan Prima DPM-PTSP Kuningan

Sebagai instansi yang berkaitan dengan pelayanan publik, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) harus memberikan pelayanan prima. Selain cepat dan tepat juga harus memuaskan, Plt Bupati Kuningan Dede Sembada, menyatakan hal itu pada acara Bimbingan Teknis Pelayanan Prima bagi pegawai DPM-PTSP dan Tim Teknis Perizinan Kabupaten di Gedung Wanita Kuningan, Kamis (22/2/2018).

Ia menjelaskan, pelayanan prima yang diberikan oleh sektor bisnis berorentasi pada profit. sedangkan pelayanan prima yang diberikan oleh sektor publik bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mayarakat yang terbaik. “Hal itu bila dilaksanakan akan ada beberapa keuntungan, diantaranya keputusan akan segera di dapat, menumbuhkan kepercayaan masyarakat, mempertahankan loyalitas, meminimalisasi tuntutan atau complain,” kata Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada.

Selanjutnya ia menambahkan, agar publik merasa puas atas pelayanan yang diberikan harus menunjukan pribadi yang prima. Misalnya pelayanan yang ramah, bersikap sopan dan penuh hormat, tampil yakin, memberikan kesan ceria. “Selain itu berpenampilan rapi, senang bergaul, mudah memaafkan, senang belajar dari orang lain, senang pada hal-hal yang etis dan wajar dan pandai serta menyenangkan orang lain,” imbuhnya.

Sementara, Kepala DPM-PTSP Kabupaten Kuningan, Lili Suherli, menyebutkan peserta bimbingan teknis terdiri atas pegawai DPM-PTSP yang setiap hari memberikan pelayanan bertemu langsung (Petugas FO) maupun tidak bertemu langsung (Petugas verifikasi dan cetak). "Semuanya akan memberikan dampak bagi pelayanan yang kami berikan. Dan Tim Teknis Perizinan Kabupaten Kuningan. Peningkatan kemampuan kami sesungguhnya tidak terbatas pada performance, namun juga pemahaman yang utuh tentang regulasi yang terus up date” kata Lili.

Ia menegaskan, bahwa Permendagri 138 tahun 2017 tentang PTSP daerah mengamanatkan dua hal, yaitu harus bisa mereformasi regulasi yang tidak sesuai dan menggunakan sistem IT dalam memberikan pelayanan. ”Rencananya DPMPTSP Kuningan akan meluncurkan pelayanan perizinan secara online,”imbuhnya. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)