Bupati Berikan Pembekalan Kepada Peserta KKN UNIKU

Kategori: 

Ratusan mahasiswa dan mahasiswi peserta KKN Universitas Kuningan tahun akademik 2014/2015 mendapatkan pembekalan materi dari Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Hamid Suganda, bertempat di Gedung Student Center Imam Hidayat UNIKU, Selasa (15/07/2014). Dalam pembekalan materi tersebut Bupati mengatakan bahwa sesuai dengan tema dari KKN ini adalah pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat pedesaan. Dimana Bupati sangat mengapresiasi terhadap kegiatan akademik ini, dan para peserta harus mendapatkan isi dari kegiatan tersebut karena melalui kegiatan KKN  ini akan terjun langsung dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, dan merupakan latihan bersosialisasi dengan masyarakat. 
 

 Lebih lanjut Bupati mengatakan agar para peserta KKN mampu memberikan penjelasan mengenai program kesehatan pemerintah seperti BPJS, mampu mengajak masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan memberikan pemahaman yang jelas kepada masyarakat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, dan lainnya. Lebih dari itu, Bupati pun memberikan pembekalan terkait dengan penanggulangan bencana di daerah karena Kabupaten Kuningan merupakan daerah yang rawan bencana, dalam hal ini peserta KKN harus mengetahui bagaimana cara penanggulangan bencana yang terjadi di masyarakat. Bupati berpesan kepada para peserta KKN agar dalam melakukan kegiatan KKN tetap menanamkan sikap toleransi, saling menghargai, kerjasama, kejujuran dan tanggung jawab. 
 
Sementara itu dalam laporannya Panitia Penyelenggara Pembekalan KKN UNIKU, Drs. H. M Sudirman, M.Si, mengatakan bahwa pelaksanaan KKN dilaksanakan mulai dari tanggal 4 Agustus s/d 6 September 2014, kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dimana para peserta akan dibagi kebeberapa desa yang ada di Kabupaten Kuningan. Kegiatan KKN kali ini dimaksudkan untuk kegiatan kemanusiaan untuk pengentasan kemiskinan, melalui kegiatan ini diharapkan akan terbentuk Bank Darah disetiap desa dan akan memberikan nilai tambah dari pada KKN sebelumnya. 
 
Kegiatan pembekalan KKN UNIKU dibuka oleh Purek 3 UNIKU, Dikdik Harjadi, M.Si. Dalam sambutannya Dikdik mengatakan bahwa KKN merupakan kegiatan yang sangat penting yang harus ditempuh oleh mahasiswa  yang bersifat wajib dan merupakan kegiatan strategis karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Diharapkan apa yang diberikan di bangku kuliah dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. ( My, Bidkom Diskominfo Kuningan ).