Bupati Buka Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (DBHCHT)

Kategori: 

Bupati Kabupaten Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH, memberikan sambutan pada Peresmian Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (DBHCHT) pada program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja pada UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten Kuningan Tahun Anggaran 2020. Kegiatan ini bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan, Selasa (04/08/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kuningan, Ketua APTI (Asosiasi Petani Tembakau Indonesia), Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans, para instruktur, serta tamu undangan dan peserta pelatihan.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta pelatihan sesuai dengan bidangnya, dan sasarannya yaitu terciptanya lapangan kerja baru yang mandiri, professional dan kompeten di bidangnya. Jumlah peserta pada pelatihan ini sebanyak 96 orang. Materi yang disampaikan didasarkan pada 6 (enam) paket pelatihan, antara lain PBK Juru Las 1 SMAW, PBK Menjahit Pakaian Dasar, PBK Teknisi Telepon Selular, PBK Tata Kecantikan Rambut, PBK Desain Grafis, serta PBK Pembuatan Roti dan Kue.

Tenaga pengajar/pelatih pada kegiatan ini adalah instruktur UPTD BLK, serta tenaga pelatih dari Koramil dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Metode pelatihan yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan berbasis kompetensi melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek.

Pada kegiatan ini, Bupati Kuningan resmi membuka kegiatan dan menyampaikan apresiasinya terhadap Disnakertrans yang telah berupaya untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Kuningan melalui berbagai kegiatan, yang salah satunya adalah melalui pelatihan kerja ini. “Diharapkan melalui kegiatan ini akan tercipta kesempatan kerja dan lapangan kerja baru bagi masyarakat khususnya Kabupaten Kuningan, sehingga dapat membantu mencapai tujuan pembangunan nasional.” Ujar Bupati Kuningan. (BID/IKP/DISKOMINFO)