Indonesian English

Bupati Buka Pelatihan Managemen Masjid

Kategori: 

Sebanyak 300 orang Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan Takmir masjid se-Kabupaten Kuningan ikuti pelatihan manajemen masjid di Kuningan Islamic Center (KIC), Kamis (16/2/2017). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Ketua MUI KH. Abdul Azis,

Ketua Panitia Toni mengatakan DKM dan Takmir Masjid ini berasal dari desa-desa di pelosok Kabupaten Kuningan yang disengaja dihadirkan untuk berpartisipasi mengikuti pelatihan bagaimana memenej masjid dan bagaimana memakmurkan masjid. “Mereka memiliki peran yang cukup strategis dalam upaya membangun keutuhan umat,” ujarnya.

Menurutnya, sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Kuningan yang agamis, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk terus berupaya mewujudkan visi tersebut. “Dengan beragam program, kegiatan, dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Kuningan memfokuskan pada pembangunan secara menyeluruh terutama bidang keagamaan sebagai upaya mencapai kuningan yang mandiri, agamis, dan sejahtera.”

Sementara itu Bupati H. Acep Purnama, M.H., menekankan pentingnya pengelolaan masjid karena kedepan dakwah dan syiar agama berhadapan dengan persaingan ketat dengan munculnya arus informasi berisi materi yang boleh jadi berseberangan dengan nilai-nilai luhur ajaran agama. “Perlu metode dan strategi efektif yang mampu menjawab kebutuhan tantangan dewasa ini, salah satunya pendekatan berupa penggalian ilmu pengetahuan, menguatkan pemahaman keorganisasian, aktualisasi program serta pengembangan dimensi wawasan,” ungkapnya.

Bupati berharap kegiatan ini menghasilkan visi, misi, dan persepsi yaitu memberdayakan masjid dengan totalitas kesucian dan keagungan syiarnya, untuk memuliakan agama, ketinggian nilai islam serta ketaatan masyarakat kepada Allah SWT dan rosulnya juga terhadap bangsa dan negara. “Jadikan kegiatan ini sebagai bagian dari ajang silaturahmi serta saling tukar pikiran demi menghasilkan program kerja yang bisa berdampak langsung bagi perwujudan visi kuningan yang agamis serta peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.” Pungkasnya. *DoniS* ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan )